Ngebolang Bogor: Tanjakan Pala-Bondongan

Yuhuu… masih di hari libur, mumpung gak ada kegiatan apa2, saya jadi pengen ngebolang (nge-bocahpetualang) di Bogor. Murah meriah, modalnya jalan kaki doang sama kamera hang-phone (HP saya suka hang soalnya) dan bawa uang aja buat jaga2 (padahal mah buat jajan).

Daerah ngebolangnya pun deket rumah, mulai dari tanjakan pala (Jl. Paledang, sebelah Gumati, sebrang SD Polisi 1 Bogor) sampai Bondongan (Jl. Pahlawan) melewati daerah Kebon Manggis dan Empang.

rute bolang 1
rute

Okeh, sebelum pembaca kecewa, saya mo ngasih peringatan dulu bahwa sepanjang ngebolang ini tak ada pemandangan bagus. Serius. Yang ada sungai coklat, rumah tumpuk2, ketidakteraturan. Silaken kl mau lanjut baca. Kita mulai dari tanjakan pala.

tanjakan palaTanjakan ini terdiri dari beberapa undakan tangga. Kalo turun sih gak kerasa capeknya..hehe. Di sisi kanan kiri tanjakan ini ada rumah penduduk dan juga warung. Begitu sampe di dasar tangga, langsung terlihat sungai Cisadane dan sebuah jembatan.

jembatan

Daerah situ namanya Kebon Manggis. Begitu sampe ujung jembatan, keliatan sebuah lapangan. Ada semacam panggung juga di sana dan banyak anak2 main. Di belakang itu area pemakaman lho. Dari situ kalau mau ke empang belok kiri. terus aja ikutin jalan. Sempet nemu lapangan lagi di pinggir sungai, juga ada posyandu dan tempat pertemuan serbaguna. Menurut saya ini bagus banget karena meskipun daerah situ agak awut2an tapi ternyata Rukun Tetangganya dan beberapa kegiatannya (sepertinya) sih lumayan jalan. Kalau jalan terus, dari daerah bantaran sungai ini nanti akan keliatan gedung BTM (Bogor Trade Mall). Kalau udah begitu berarti udah mau sampe daerah Empang. Ada banyak persimpangan di situ, saya sih asal milih aja, dan voila.. sampailah di jalan raya yang agak ke arah Pancasan. Kalau ke kanan, itu ke arah Pancasan terus Ciapus. Kalau mau ke empang berarti ambil kiri. Lanjut jalan, eh ada bendungan. Mampir liat2 dulu bentar.

bendungan

Terus lanjut jalan ke Empang, ketemu lapangan Empang terus jalan muterin lapangannya. Eh ternyata bener ya banyak orang Arab di sini..hihi.. Daerah Empang ini emang terkenal sebagai daerah pemukiman orang Arab di Bogor. Di sekeliling lapangan Empang yang biasanya dipake buat jualan kambing pas mau idul adha ini, banyak jg yang jualan. Kirain teh cuma ada penjual makanan kayak bakso, nasi uduk, dll. Eh taunya ada juga yang jual daging mentah, udah kayak di pasar aja. Setelah beres muterin lapangan dan sampe di ujungnya, saya nemu sebuah toko kue daaan sebuah benda menakjubkan di etalasenya: roti cane! hahaha.. Ya ampun, setelah beberapa kali makan roti cane saya jadi suka bgt roti ini, dan agak susah kan nyari yang jual. Kalo beli di tukang kebab mahal bgt, 8-10 ribu harganya. Jadi saya bertanya2, ada gak ya yang jual mentahannya. Eh ternyata malah nemu sekarang…hihi.. memang ya kadang Allah menjawab pertanyaan kita dengan cara yang tak terduga 😀 Roti cane di toko kue ini enak banget dan murah kalo dibandingin harga tukang kebab. Toko ini juga menjual kue2 khas Timur Tengah seperti sambosa, kebab, martabak mesir, bumbu kari, dll. Lanjut jalan ke depan, pas di pinggir jalan Empang, ternyata ada lagi toko kue dan jual roti cane pula! Waah..

empang

Dari situ kalau lurus ke arah BTM, kalau mau ke Bondongan berarti ke kanan. Jalannya agak nanjak jadi ngos2an dah. Pas jalannya berhenti nanjak, ada jembatan. Di sisi tempat saya jalan, dari jembatan cuma keliatan rel kereta ke Sukabumi dan pinggir2nya rumah2. Kalau di sisi sebrangnya lebih banyak keliatan bangunan2, mungkin daerah Jl. Siliwangi.

bondongan

Jalan terus…. jalan lagi.. mamen, jauh juga ya.. tujuan saya sebenernya mau ke Mie Ayam Sido Mampir…heheheh. Beneran deh, jauh banget. Akhirnya sampe juga, beli mie ayam buat dibawa pulang, terus pulang……naek angkot! Haha.. dah cape sih…

sidomampir-pulang

Okeh, sekian dulu cerita ngebolang kali ini.. Hikmahnya apa, simpulkan sendiri ya 😛

Advertisements

13 thoughts on “Ngebolang Bogor: Tanjakan Pala-Bondongan

  1. heniiiiiiiiiing. .asoooy geboy nih postingan yg satu ini! Sebagai mantan warga Bondongan (pernah idup di sana selama 17 thn) dan si Papap asli dari sono, kangen berat sama semua yg ada di foto ini!

      • masa???? iiih terharuuuuuuu, tulisan nga-galau trip gue bisa menginspirasi seorang hening T.T Aduuuuh inget jaman dulu klo pulang dari SMP kudu naek 04 jurusan rancamaya, terus turun di sebrang makam dreded….

  2. Jalan jalan yg kayak gini nih yang seru, tadi gw menyusuri separo rute ini dan ternyata kampung ini bagus lho. Jadi kalo buat gw pemandangan kampung n sekitarnya di daerah sini baguuus bgt. Kita bikin trip2an kayak gini yuk, banyak #sudutBogor yg bagus! Ntar undang dari komunitas kampoeng bogor buat cerita sejarahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s