I Love Everything About Islam, But…

Masih teringat video ini deh (A Message For Non Hijabi Sisters By Ustadh Nouman Ali Khan). Pengen share sedikit

NAK cerita ada muslimah yang bilang, “Saya suka islam, tapi nggak dengan kewajiban jilbabnya. Itu cuma untuk melindungi laki-laki biar ga ngeliat perempuan. What’s the point?”

Alih-alih menjawab dengan manfaat hijab untuk wanita, misalnya lebih terlindungi, efek sosialnya, dst, kita mundur sejenak & tanyakan sebuah pertanyaan mendasar

Dimulai dengan review kisah Nabi Ibrahim as. Beliau cinta juga sama Islam. Allah beri “sedikit” perintah: tinggalkan istri & anak di padang pasir tandus!

Ah ini enaknya ditonton sendiri, karena jleb banget cara ngomongnya “I love everything about islam, but leaving my family in the desert? Please..

Intinya Nabi Ibrahim ga ngomong gitu kan? Beliau lempeng aja jalanin perintah Allah. Pun saat diperintah menyembelih Ismail. Ga pake nanya, untuk apa?

Saat diperintah Allah, Nabi Ibrahim ga pake nanya, “ya Allah, bisa berikan penjelasan logis knp harus gini? Apa manfaatnya saya lakukan ini?”

Ketika Tuhannya berfirman kepadanya: “Tunduk patuhlah!” Ibrahim menjawab: “Aku tunduk patuh kepada Tuhan semesta alam”. (QS 2:131)

Jadi sebelum bicara tentang aspek lain dari Islam, hal mendasar itu adalah: tunduk, patuh, berserah pada Allah. Islam is the total submission to Allah.

Kalau udah tunduk patuh pada Allah, disuruh berhijab kita ga perlu nanya, “apa manfaatnya untuk saya?”. Seperti Nabi Ibrahim ga nanya, untuk apa ia sembelih putranya?

Ini sejalan dengan yang disampaikan Ust Yasir Qadhi dalam salah 1 ceramahnya. Kalau ada orang nanya, kenapa sih Islam bolehin poligami? Kenapa gini kenapa gitu?

Menurut dia jawaban terbaik adalah bukan dengan menjabarkan manfaat sosial, alasan logis, dsb, tapi dengan jawaban “karena Allah yang perintahkan”

Karena kalau dijawab (misal tentang poligami): Islam bolehin poligami karena jumlah perempuan lebih banyak dari laki-laki. Ntar dia nanya lagi, kalau pakai senjata pemusnah massal sehingga jumlahnya sama gimana?

Hehe.. ekstrim ya contohnya. Tapi intinya akal manusia ya bakal nemu alasan terus. Jadi emang kuncinya tunduk patuh ke Allah itu tadi.

Yakin di balik perintah dan larangan Allah pasti ada manfaat untuk kita. Allah yang mencipta kita, Allah tau yang terbaik untuk ciptaanNya.

Btw, thanks to Twitter’s archive so that i can retrieve these old tweets of mine. Yay 🙂

Motivasi Menghafal Qur’an

kulwit @PencintaQuran

Saat ini Mimin lagi menyimak taushiyah Ust Abdul Aziz Al-Hafidz ttg #MotivasiMenghafal. Simak yaa kilasannya 🙂

“Kita hafal bgt alFatihah krn tak terhitung lagi brp kali kita mngulangnya. Sudahkah hafalanmu diulang sbnyk alFatihah?” #MotivasiMenghafal

“Kalau baru saja mngulang hfln alQuran bbrp kali, gak pantas mengeluh. Apalagi mnyalahkan ‘ini ayatnya susah bgt’.” #MotivasiMenghafal

“Katakan pada surat hafalanmu, ‘saya siap mengulangmu sbnyk seringnya sy mngulang alFatihah.” -UstAbdAziz #MotivasiMenghafal

“Bercita-citalah memiliki hafalan alQuran selancar kita melafalkan alFatihah.” -UstAbdAziz #MotivasiMenghafal

“‘janganlah mati kecuali dlm keadaan muslim’. Katakanlah, ‘Tdk ingin mati kecuali dlm keadaan mnghafal alQuran.” #MotivasiMenghafal

“Menghafal alQuran itu harus INTENSIF dan SEPANJANG HIDUP.” UstAbdAziz #MotivasiMenghafal

“Rasa jenuh bermula dari tak ada kesadaran iman & ibadah. Hati yg bersih takkan merasakn jenuh pd alQuran.” UstAbdAziz #MotivasiMenghafal

“Saat mnghafal akan bnyk cobaan. Seakan ditanya, ‘serius kamu ingin mnghafl alQuran?’ Agar diktahui siapa yg SERIUS.” #MotivasiMenghafal

“DOA INTENSIF. ‘Jk hny andalkan kmmpuan diri, sy ini tdk mmpu mnghafal ya Allah. Maka sy tawakkal pdMu mohon prtolongn.” #MotivasiMenghafal

“Berdoa pula dg TERUS MENERUS & dilakukan dg cara2 & di waktu2 mustajab. Ini hajat besar, sngat prlu prtolongan Allah.” #MotivasiMenghafal

“Selain berdoa, kita pun harus SALING MENDOAKAN. Doakan saudara ssama pnghafal alQuran, krn ia berbalik pd kita.” #MotivasiMenghafal

“Dengan menghafal alQuran itu pun berarti kita hendak memuliakan kedua orangtua kita.” UstAbdAziz #MotivasiMenghafal

“Sblum sy mnghafal, sy mulakan dg 100x shalawat. Agar sy mnghafal alQuran dlm keadaan dlimpahi rahmat Allah.” UstAbdAziz #MotivasiMenghafal

“Sy jg mmulakan mnghafal dg istighfar 100x. Jaminan u/ yg brtaubat adlh dlimpahi rizqi. Dan AlQuran itu rizqi terbesar.” #MotivasiMenghafal

“Bagaimana mengisi Bulan Ramadhan ini dg keimanan adalah dg terus meningkatkn interaksi kita dg alQuran.” UstAbdAziz #MotivasiMenghafal

“Upayakan aktivitas kita dg alQuran menjadi aktivitas utama dlm sehari-hari.” UstAbdAziz #MotivasiMenghafal

“Bagi yg tlah merasakan nikmatnya bercinta dg AlQuran, maka dia mngandaikan kseluruhan waktuny untk alQuran.” UstAbdAziz #MotivasiMenghafal

“Waktu tepat u/ menghafal alQuran adlh waktu ktka SIAP u/ mnghafal & kita harus punya WAKTU yg DEFINITIF bagi alQuran.” #MotivasiMenghafal

“Waktu yg definitif ini waktu yg DIKHUSUSKAN dan terjadwal untk alQuran. Dg bgitu kita akn sabar dlm mnghafal alQuran.” #MotivasiMenghafal

“Kesabaran itu prlu dbangun, salahsatu caranya adlh dg mmberikan waktu khusus untk alQuran. Hingga mnjd agenda harian.” #MotivasiMenghafal

“Kpn waktumu buat alQuran? | sesempatnya. | maka ga akn sempat2. JADWALKAN & KOMITMEN memenuhiny: ini KiatSabarMenghafal #MotivasiMenghafal

“Tak ada niat baik yg diupayakan trus mnerus, yg akn trus trkendalai, kecuali pd akhirnya Allah akn berikan KEMUDAHAN.” #MotivasiMenghafal

“Teruslah merayu diri dg AlQuran.” Ustadz Abdul Aziz #MotivasiMenghafal

“Bagi org beriman : smangat tak bermaksiat, jk berdosa sgra bertaubat. Yg tak beriman: menyepelekan maksiat.” UstAbdAziz

“Ktk maksiat itu trus brulang tnpa diikuti taubat & prbaikan diri, maka yg trjadi adlh HILANGNYA selera brsama alQuran.” #MotivasiMenghafal

“Jng jadikan alasan tak ingin mnghafal hny krn ada kmungkinan brdosa & ktkutan hilang hafalan. Org briman smngatnya smngat tak bermaksiat.”

“Saat maksiat tak diikuti taubat, maka brdampak selera brsama alQuran hilang, yg akn diikuti hilangnya hafalan alQuran.” #MotivasiMenghafal

“Seorang penghafal alQuran MUTLAK membutuhkan GURU. Tp jk blum ada jng sampai mnunda proses mnghafal alQuran.” #MotivasiMenghafal

“Ssungguhnya kbutuhan jiwa kita pd alQuran mlebihi kebutuhan raga kita pd makanan.” Ustadz Abdul Aziz #MotivasiMenghafal

Skian kilasan taushiyah Ustadz Abdul Aziz AlHafidz ttg #MotivasiMenghafal AlQuran. Yuk semangat mningktkn keimanan dg mnjadi ShohibulQuran.

 

Da’wah Tips from @DawahTips

Ini akun sebenarnya bagus2 twitnya.. cuma sayang udah setahun gak ngetwit2 lagi.. Jadi dicopas deh beberapa ke sini 😉

Da’wah is a lot like doing laundry. As you wash the cloth, your own hands get clean in the process. Da’wah purifies you as you help others.

Even in the face of arrogant, conceited arguments, we need to be humble, kind, and empathetic in our response.

“Whoever guides [another] to a good deed will get a reward similar to the one who performs it.” [Muslim]

“Invite to the Way of thy Lord with wisdom and beautiful preaching and argue with them in ways that are best and most gracious.” 16:125

With family, you may want to remind but stop b/c “they’re not that type” or “they won’t get it”. Allah says, regardless, Remind them!

Every action that is not performed for His sake then it is wasted and severed. ibn al-Qayyim

Da’wah shouldnt be about bringing people closer to your certain group; rather it’s about helping people come closer to Allah (Muslim or not)

Not everyone is a scholar but on a basic level, everyone has to give da’wah.

“Convey my teaching (to the people) even if it were one ayah or sentence.” [Bukhari]

There is a difference b/w reasons & wisdoms. Muslimahs wear hijab because Allah commanded it, the wisdoms are endless. Don’t confuse the 2

Sometimes we do not know all the wisdoms of certain commands, but we still obey Allah because the Muslim is one who submits. Plain & simple

Whenever possible, refer brothers to brothers and sisters to sisters to avoid any potenial fitna.

Be connected with those who have knowledge incase you have a question or encounter a problem. Don’t be a self-proclaimed ‘Alim. Use Imams.

“You’re on a conveyor belt to the akhirah bro (or sis), whether you like it or not”…good reminder for all of us.

gue emang gak mau pacaran :)

mohon maaaaf kl ada yg tersinggung 🙂

Pacaran cuma untuk laki2 pengecut dan perempuan yg menikmati digombali seorang pengecut

“Mau jd cewek gw gak? | “abis gw jd cewek lu trus gmn?” | “kt liat aja, kt jalani dulu” . Gubraaak. Laki2 kok cemen bener

Laki2 itu yg berani menanggung hidup perempuan yg dicintainya, dr ujung rambut hingga ujung kakinya. Kalo cm malem mingguan sih, cowok apaan

“Pak, sy mau menikahi anak bapak, tugas bapak sdh selesai, hidup putri bapak ke depan biar jadi tanggung jawab penuh sy” . Ini baru berani

dari twit @hafidz_ary di Sabtu pagi yang cerah ini B)

~alhamdulillah sayah gak pacaran. dan bahagia sebahagia2nya karena itu! #JoSH *jomblo sampai halal* 🙂

#arRahman33 dan inspirasi #kompaQ dari @PencintaQuran

“Hai masyarakat jin & manusia, jika kalian sanggup menembus gugusan langit dan gugusan bumi, maka tembuslah…” #arRahman33

…kalian tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan “Sulthon” / kekuatan.” #arRahman33

1) Pada #arRahman33 ini Allah swt seakan MENANTANG manusia dan jin untuk menembus gugusan langit dan bumi yg berlapis-lapis.

2) Kata “aqthaar” jamak dr “qithrun” / gugusan. Sedangkan tantangan yg dimaksud adlh menembus gugusan langit&bumi semesta. #arRahman33

3) Ada brpa gugusan langit di semesta ini? Berapa gugusan bumi? Dimana letaknya? Bgmn menmbusnya? Siapa yg bisa? #arRahman33

4) Padahal Allah swt juga berfirman di dalam QS.65:12, “Allah-lah yang menciptakan TUJUH langit dan seperti itu pula bumi.” #arRahman33

5) Di sini ada dua tafsiran. Pertama: manusia dan jin ditantang untuk menembus lapisan bumi dan langit. Bisa hny dg kekuatan! #arRahman33

6) Para ulama menafsirkan arti “sulthon”/kekuatan itu dg Ilmu Pengetahuan. Manusia bisa menembusnya dg ilmu pengetahuan. #arRahman33

7) Allah ta’ala tak tanggung2 dlm mendidik kita bercita-cita: TINGGI dan MULIA. Allah pun memberikan kuncinya: PENGETAHUAN! #arRahman33

8) Impianmu hanya tinggal impian, jika tak diikuti dg pengumpulan kekuatan dan alat untuk menggapainya. #arRahman33

9)”…kalian TIDAK AKAN mampu menembusnya kecuali dg “Sulthon” / KEKUATAN.” #arRahman33 -Tidak akan tercapai bila hny berangan.

10)Mnembus langit saja dimungkinkan oleh Allah asalkan kita miliki ALAT yg TEPAT: ilmu, strategi, partner, doa & tawakkal. #arRahman33
11) Peradaban Islam dulu melesat maju krna amalkan alQuran, sperti #arRahman33 ini. Mereka miliki VISI dan STRATEGI!

12) Tadi itu tafsiran pertama yg menyatakan gugusan langit dan bumi itu yg ada di semesta ini. Ada lagi tafsir lainnya #arRahman33

13) Bahwa yg dimaksud “menembus gugusan langit/bumi berlapis-lapis” itu adalah semesta jiwa manusia yg berlapis-lapis pula. #arRahman33

14) gugusan2 langit & bumi batin yg trletak di dlm keajaiban2 ciptaan Tuhan yg ada dlm JIWA manusia. Allah Swt berfirman.. | #arRahman33

15) “Dan di bumi trdpt tanda2 (Kekuasaan Allah) bagi orang yg telah yakin -Dan juga pd JIWAMU, apakah kamu tak melihat?”.(QS.51:20-21)

16) Kita sbg hamba ditantang untuk menembus belenggu nafsu, mendobrak barak2 setan yg ada dlm hati. Dg apa? Dg kekuatan. #arRahman33

17) Kekuatan mendobrak belenggu setan didapat dr dzikir, ibadah mendekatkan diri pada Allah. Sibukin hati hny dg Allah. #arRahman33

18) dan mengekang kendali hawa nafsu dg kendali ibadah spy setan tak mampu mmanfaatkannya u/ belokkan arah perjalanan. #arRahman33

19) Memang tak mudah “menembus jiwa” kita, maka dr itu minta kekuatan pdNya.. Berdoa agar dpt trus mndekat. #arRahman33

20) Rasulullah saw, “Ya Allah, tolonglah aku agar sentiasa mengingatMu, bersyukur dan beribadah kpdMu dg sebaik-baiknya.” #arRahman33

21) 2 tafsir dr bnyak tafsir mengenai ayat #arRahman33 ini membuka mata kita: u/tak berpuas diri dg yg lahir, MENDAKILAH & mohon KEKUATAN.

22) Sobat yg akan hadapi UN, coba TINGGIKAN impianmu tak skdar “lulus UN” sj, agar nafas kita panjang dlm pencapaian, lalu mohon KEKUATAN.

23) Hanya PEJUANG yg siap ditantang kemudian memenangkan. Dlm #arRahman33 Allah menantang, siapakah yg menyambut seruanNya?

Tinggikan saja mimpimu, melebihi kmampuan sekalipun. Dlm pncapaiannya siapkan STRATEGI langit & bumi.Doa+usaha+tawakkal::saling brkelindan.

Mimin mau cerita santai ttg #arRahman33 yg amat mendompleng smangat kami #KompaQ dlm bergerak..

#KompaQ atau Komunitas #PencintaQuran ini telah lahir jauh sebelum akun twitter ini ada, tpatnya tahun 2008 akhir.

Kami menikmati berinteraksi dg alQuran, dan kami ingin kenikmatan ini menyebar di hati muslim lainnya. #KompaQ

Didirikan oleh sekumpulan mahasiswa penghafalQuran yg diprovokasi oleh Kang Hilman, untuk melakukan “sesuatu” yg besar. #KompaQ

Awalnya hanya terpikirkan sebatas mengajar ngaji. Titik. Tapi Kang Hilman lagi2 provokasi kami dg #arRahman33

Beliau bilang, “Allah saja nantang kita nembus langit&bumi, itu artiny kita dperintah bercita-cita TINGGI! Jangan kerdilkan diri kita.”

“Kalaupun niat kebaikan itu tak trlksana, kita udh dapat pahalanya. Knpa ga sekalian aja niatnya DIGEDEIN+DITINGGIIN+DIBANYAKIN?!”

Allahu akbar! Seketika kami trlecut brmimpi besar: yg awalnya hny sbatas ngajar ngaji, diubah jadi MENYIAPKAN & MENYEBARKAN guru ngaji.

Penyebarannya kemana? Kami mulai rakus bermimpi; sebar guru ngaji ke perkantoran, anak jalanan, masyarakat, mantan WTS!

Tak ada yg tak mau kenal hidayah Allah/alQuran, krn fitrahnya mnusia ingin hidup lurus. Hnya sj fasilitatornya trbatas, and here we are.

Kang Hilman ini selalu menekankan HUSNUDZAN; bahwa semua psti menerima ajakan kebaikan. Akhirnya mimpi kami semakin menggila..

Bermimpi kenikmatan berinteraksi dg alQuran dirasakan oleh mereka yg di penjara. Penjara mana? Sontak dijawab: GUANTANAMO! 😀

Alhamdulillah, impian-impian itu satu persatu terwujud. Sebanyak 250 guru ngaji mengikuti Training4Teacher yg #KompaQ selenggarakan

..Lalu para guru dsebar k wlyah marginal Jkt (AnakJalanan, dhuafa&xWTS).Walau kmudian tersisa hny berjumlah puluhan, sunnatullah 🙂

Dan benarlah firmanNYA: “Siapa yg mnolong agama Allah, niscaya DIA menolongmu!” -QS.47:7. Yakin, gerak kebaikan slalu ditolong Allah!

Kgiatan #KompaQ lainnya: alQuranSuperCAMP, cara asyik bljar alQuran.Sdh trslnggara di Sukabumi, Ciamis, Garut, dll. Ini jg mmpi yg trwujud.

Alhamdulillah.. Hanya dengan kehendak Allah.. Tiada daya kecuali hanya dengan Allah..