Tadabbur Quran #8: How Allah Helps The Youth

Karena ini hari Jumat dan sunnahnya baca QS Al Kahfi, saya jadi inget ceramah ustadz Nouman tentang para pemuda Kahfi. Ini satu fragmen kecil aja dari kisah Ashabul Kahfi, yaitu tentang tidurnya mereka. Insya Allah udah pada tau kan ya cerita tentang pemuda Kahfi yang mempertahankan iman mereka di saat penguasa saat itu gak beriman dan gak suka mereka beriman. Akhirnya mereka pergi dan bersembunyi di sebuah gua. Di sana mereka tertidur selama 309 tahun. Yang amazing adalah.. meskipun mereka tidur, mereka tetap dilindungi oleh Allah. Lihat bagaimana Allah menolong mereka, mengatur alam semesta supaya mereka tetap terlindungi dalam gua.

Dan kamu akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka ke sebelah kanan, dan bila matahari terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas dalam gua itu. Itu adalah sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Allah. Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa yang disesatkan-Nya, maka kamu tidak akan mendapatkan seorang pemimpinpun yang dapat memberi petunjuk kepadanya. (QS Al Kahfi: 17)

Saat matahari naik, cahayanya harusnya masuk ke dalam gua tempat para pemuda itu tidur. Namun Allah membelokkan (tazaawaro) cahaya itu supaya tidak mengenai mereka (dengan demikian mereka tetap aman tersembunyi dalam gua). Ketika matahari mulai tenggelam, Allah lagi2 menolong mereka dengan membelokkan cahaya ke sebelah kiri. Taqridhu berasal dari qorodha yang artinya menolong/memberi bantuan. Matahari menolong mereka dengan cara membelokkan cahayanya dengan izin Allah. Padahal mereka berada di tempat yang luas dalam gua itu, jadi harusnya cahaya matahari masuk dan membuat mereka sangat mungkin terekspos.. tapi Allah membelokkan cahaya matahari untuk menolong mereka.

Dzalika min ayatillah.. Itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Allah memberi petunjuk bahkan pada saat tidurnya mereka. Di ayat 18 disebutkan “Dan kami balik-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri”. Allah memberi petunjuk bahkan dalam tidurnya, harus berbalik ke mana badannya, seberapa banyak berbaliknya, dst. Sampai segitunya Allah memberi petunjuk pada orang yang benar2 beriman padaNya.

“When young people turn to Allah, the world submits to them. The laws of nature submits to them because they submitted to Allah”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s