yang tak terlihat mata

Mungkin memang sudah tabiat manusia suka membanding2kan. Membandingkan pencapaian hidup, apa yang sudah didapat, apa yang sudah dipunya, adakah saya sesukses dia, adakah saya berhasil sepertinya, dan lain sebagainya. Namun yang bisa kita bandingkan kan hanya yang terlihat. Padahal,  yang namanya rezeki/kesuksesan, tidak selalu bisa terlihat mata, seperti… Makin tenang hidupnya, nikmat beribadah, bersih hati, mudah beramal shalih, semangat belajar agama, dan lain sebagainya.

Ternyata Allah selalu memberi.. meskipun tidak selalu sama seperti yang kita minta. Namun rezekinya gak  pernah berhenti mengalir.

Di khutbah Idul Adha tadi diingatkan khatib tentang ujian keikhlasan. Orang berkurban, ada ujian keikhlasan. Apakah dia ikhlas atau terkotori niatnya. Namun, bagi yang tidak bisa berkurban pun ada ujian keikhlasan. Apakah ia ikhlas (atau mungkin maksudnya ridho), setelah sekian tahun bisa berkurban, kemudian karena kondisi ekonomi tidak memungkinkan, tahun ini tidak bisa berkurban.

Begitu pun tentang pencapaian hidup.. Kalau belum bisa sesukses manusia lain, mungkin perlu ikhlas/ridho juga; mungkin belum saatnya. Toh di samping itu Allah tetap memberi rezeki, yang meskipun tidak terlihat mata, tapi nyata dan ada. Lebih baik bersyukur agar ditambah nikmatnya🙂

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s