[Ilmfest2014] Kamal El Mekki: The Sirah

Sirah Rasulullah SAW itu luar bisa dan tidak membosankan. Kita bisa selalu mengambil manfaat darinya. Kita juga bisa menghubungkan hidup kita dengan sirah. Ada hal2 dalam hidup kita yang juga dialami oleh Rasulullah. Sirah Rasulullah sangat dalam dan mencakup banyak bidang: ekonomi, politik, sosial, dll.

Sirah ditulis secara kronologis. Nah, sirah setelah hijrah itu isinya kayak battle to battle. Jadi orang2 ngeliat kok Rasul perang melulu sih? Alasannya mungkin karena yang ditulis dalam sirah adalah peristiwa besar, dan saat itu memang peristiwa yang banyak terjadi ada peperangan. Tapi kalau kita baca sirah secara keseluruhan, akan sangat banyak aspek selain perang.

Penulis sirah awal2: Ibn Ishaq, Ibn Sa’ad, Ibn Hisyam, Ibn Jarir Ath Thabari. Disebutkan bahwa Azzam ibn Utsman ibn Affan adalah pengumpul pertama tulisan untuk sirah. Sumber paling terpercaya tentang sirah itu adalah kitab Al Maghazi yang ditulis Ibn Ishaq. Penulisan sirah itu authenticated, riwayatnya jelas.

Manfaat mempelajari sirah:

  1. Mencintai Rasulullah
  2. Bisa mengikuti beliau dan jalan yang ditempuhnya beserta para sahabat
  3. Mendapatkan cintanya Allah
    If you truly love Allah, follow me” -Rasulullah SAW
  4. Membantu memahami Al Qur’an.
    Ada hal2 di Qur’an yang gak akan kita mengerti sampai kita membaca sirah. Contohnya tentang 3 orang yang tertinggal di belakang (saat perang Tabuk). Nama2 orang itu kita tahu dari sirah.

Kita masih sangat tertinggal dalam mempelajari sirah. Kita seringnya lihat sirah belakangan, karena kita mencari sesuatu ke sumber lain dulu. Misal, kita mencari referensi tentang negosiasi dari buku2 modern, terus kita baru ingat ternyata di sirah juga ada. Itu terbalik, harusnya kita lihat sirah dulu. Mau nyari teknik berdakwah? Lihat sirah (terutama periode Mekah).

Hikmah sirah itu endless. Setiap orang dengan profesi berbeda, bisa menarik hikmah yang berbeda2 dari sirah. Pelajari sirah, dan jadikan Rasulullah sebagai role model utama ^^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s