IbuProf: Manajemen Keuangan

Intermezzo…

“Hidup itu seperti naik sepeda. Saat kita terengah2, perlu tenaga besar, maka kita sedang dalam perjalanan naik. Tapi kalau hidup kita datar aja, ga perlu energi besar tapi tetap berjalan, maka kita sedang dalam perjalanan turun. Karena itu, temukan gunung lain untuk ditanjaki!”
-Bu Septi

*Aaaaa jleb!

Manajemen Keuangan Keluarga

1. Arus Kas

  • Penghasilan: Gaji, Bonus, Lain-lain
  • Pengeluaran: masing2 dibuat kolom bulanan dan tahunan; pengeluaran rutin bulanan, pengeluaran tidak rutin bulanan (masuk tahunan)
  • Surplus/Defisit
arus kas

arus kas

pos pengeluaran

contoh arus kas

Anak yg terbiasa makan steril, ketika makan di luar nanti dia gak biasa. Kalo Bu Septi sesekali ngasih makanan gak steril, itu utk kekebalan tubuhnya juga. Harus dilatih, tp gak jadi kebiasaan. Harus dilatih untuk tidak punya uang. Kalau punya uang terus, bisa demam kalo gak punya uang 😀 karena imun tubuh tidak terbangun, pikiran kt terbiasa enak. Nah yang punya penghasilan bulanan, dan urusan keuangan longgar, maka buatlah diri terdesak, buat diri susah.

Bu Septi dulu pas kuliah dikasih duit utk 4 tahun, terus dibilangin, gak boleh pulang karena uang habis. Untuk makan, Bu Septi lalu nyari rumah makan yg murah. Kemudian puasa senin kamis. kl diajak jalan sama temen gak mau, bilangnya mau belajar. Soalnya kl main takut pgn jajan. Terus diitung2 uangnya tetep aja gak cukup, akhirnya bu septi nyewa rumah utk dibuat kos2an. modal balik, bahkan untung 🙂

“Jangan mengeluh sama manusia, mengeluh sama Allah aja”
-Bu Septi

Ada yang nanya: “Dulu kata ibu saya, sebagi seorang istri harus punya uang simpanan yang tidak diketahui suami, jadi kalau ada kebutuhan mendadak spt ke RS, biaya sekolah kondisi kriris suami gak ada uang dll masih punya uang simpanan. jadi sekarang saya terapkan. mhn sarannya mbak.”
-> kata Bu Septi ga boleh rahasia2an sama suami. Suami istri harus sama2 tau. Istri sbg manajer keuangan RT hrs bs dipercaya sama investor (suami, atau anak yg nitipin uang), dan hrs transparan uang yg didapat dipakai utk apa aja. Sedekah utk keluarga suami, yg ngasih istri. Sedekah utk keluarga istri, yg ngasih suami.

2. Neraca

  • Harta (isi dgn daftar aset berikut nilainya)
  • Hutang (isi dgn daftar hutang berikut saldonya)
  • Harta bersih = harta – hutang

3. Proteksi
no | asuransi dan jenis pertanggungan | nama tertanggung | uang pertanggungan
kl yakin dgn asuransi silakan, kl ngga ya tidak usah

Cash Flow for Muslim

  • pemasukan: ada filter halalan thoyyiban -> kl pemasukan tiba2 membesar, hrs ditanya asalnya di mana. kl gak halal dan thoyyib, jangan dimasukan!
  •  yang pertama, hak Allah dulu: zakat
  • kemudian hak org lain: bayar hutang
  •  hak sendiri di masa depan: tabungan, investasi
  • hak sendiri di masa sekarang: kebutuhan harian
urutan prioritas

urutan prioritas

Kalau memang sisanya gak cukup dan terpaksa makan ga bisa pake daging misalnya, disiasati. menikmati susah dengan bahagia. Misal lewat restoran, kok enak bgt ya.. nah kita ajak anak diskusi, kira2 mereka masak bahan2nya apa aja ya nak? Kita tidak boleh bilang gak punya duit. karena itu bikin anak2 minder.

Kalau misalnya pemasukan kita meningkat, hak Allah diperbesar! Misalnya kalau dpt uang banyak dari bisnis, hak Allah 20%. utamakan hak Allah. karena utk kita udah diatur.
Al-Baqarah: 201 -> mengutamakan hak Allah
Membayar hutang tidak boleh ditunda2 (hadits)
Investasi/nabung jg ada haditsnya (utk menjaga saat dia miskin dan membutuhkannya -HR Muslim dan Ahmad)
hak sekarang: Al Furqon

Untuk membantu orang juga ada anggarannya (masuk hak Allah, krn sedekah). Jadi kalau anggaran itu udah dialokasikan untuk bantu seseorang, terus ada yang datang lagi minta bantuan, bisa bilang aja, udah ga ada, jadi ga bisa bantu.

Evaluasi cashflow:
– Hak Allah: ZIS (2,5-10%, kl punya penghasilan lbh banyak, yg dibanyakin di sini, karena ini milik kita yang sebenarnya).
– Hak orang lain: cicilan, kegiatan sosial
– Hak masa depan
– Hak saat ini

Pos pengeluaran yg fleksibel itu prioritasnya di akhir. prioritas utama pengeluaran: ZIS.
cicilan KPR, motor, dll: resiko paling tinggi jika diabaikan, krn berdampak scr finansial (denda, bunga), psikologis (ditagih), hukum, maka ini prioritas setelah ZIS.
Ga boleh ada uang sisa, adanya tabungan rutin

Uang itu kalo disimpan terus, nanti dia sekalinya keluar bilang2 ke temennya, ih jgn mau ke dompet dia, dikeep terus. Tapi kalo uang kt keluarkan, dia malah senang, nanti pgn masuk lg ke dompet kita.. haha

Mengajarkan uang ke anak: saat TK, tapi dengan pola produktif. Beda sama anak yg sering jajan (konsumtif). Dulu bu septi beli baju2 utk jualan, anak diajak ikut ngitung modal dan harga jual, keuntungan. Terus kalau belanja, itu ada sarana mengenalkan uang. Mana susu yg paling mahal? Paling murah? Padahal mah gak beli, tp anak2 senang aja main begitu.

Prioritas yg kt kasih: ortu, keluarga, tetangga kanan kiri

Mahal gak?

  • Buku 50rb mahal gak? Kalau saya beli buku, saya bisa buat resensi, kirim ke koran, dapet 150rb. Berarti itu murah
  • Beli sepatu 100rb, akan digunakan utk apa? Untuk jogging tiap hari, biar sehat
  • Beli baju branded harga sekian, tanya buat apa? utk presentasi dgn bagus dll
  • Bu Septi beli LCD dan laptop kelihatannya mahal, tp dengan itu Bu Septi bisa bekerja, sehingga harganya jadi murah.
  • Beli mobil di bawah 100jt tp gak dipake apa2, itu mahal. tp mobil 300jt dan kt udah punya planning mau diapakan mobil itu, maka jadi murah
  • Jadi harus tau banget kegunaannya.

Mini Budget
Menetapkan rencana anggaran belanja keluarga untuk seluruh anggota keluarga. Tiap anggota keluarga perlu beli apa di bulan depan, dimasukkan dalam anggaran. Kalau gak ada di anggaran, gak bisa dikasih. harus dimasukkan (misalnya di bulan depan).

Advertisements

3 thoughts on “IbuProf: Manajemen Keuangan

  1. Hoaaaa lengkap banget mbaak… Mau save yaak 😀

  2. maryamingty says:

    Reblogged this on My Blog and commented:
    Reblog ya Ning,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s