Tausiyah tentang Menghafal Quran

Dari ustadz Yusuf Mansur di Tahfidz Intensif Daarul Quran, 24 Desember 2014

  • Badan kita didesain utk ibadah, cuma kelamaan gak dipake ibadah, jadi beraat saat ngafal quran, saat ke masjid, dll
  • Langsung menghafal 1 halaman? Berat itu krn gak biasa aja. Ini masalah kebiasaan. Tancep aja terus, nanti lama2 biasa
  • persoalan ngafal itu enteng, rumusnya banyak baca, banyak dengar
  • Temennya ust YM menghafal quran dlm 2 bln doang. Tp sblm itu dia udah khatam 400x
  • Kalau ketemu orang pertama kali, tau namanya, tapi sebenarnya gak hafal. Sebentar kemudian lupa lagi. Besok ketemu lagi, nanya namanya lagi. Eh besoknya pas ketemu lupa lagi. Tapi kalau udah sampai sahabatan sama orang, gak usah nama, suaranya, dehemnya aja kita kenal
  • Kalau sering ketemu, maka akan kenal
  • Qur’an, ketika menjadi sahabat kita, dia nempel
  • Ketika ngafalin, kalau gak ada yang nyangkut, tenang aja, terusin aja
  • Kalau kita berhenti, ya berhenti proses nempel ke otaknya
  • Jangan sampai ada kebosenan
  • Buat tmn2 yg sibuk, 1 hari 1 ayat lbh baik, tapi jalan terus, daripada satu halaman terus gak pernah inget lagi

kata Wirda: ngerasa susah juga ngafal quran, pernah sampe ngebejek2 quran karena kesel gak hafal2 (beneran lho ini saya lihat di twitternya Wirda :D). Tp jd belajar bahwa menghafal Quran itu butuh kesabaran

  • Kata ustadz YM, kesabaran dalam menghafal Quran itu kebawa sampai ke pembawaan. Jadi bisa kalem kalo dibully (misal di twitter)
  • Openi (urusin) Qur’an, lalu bilang “ya Allah, tolong urusin urusan saya”
  • Kita gak boleh seimbang keburukan dan kebaikan. Harus banyakan kebaikannya. Dan Quran adalah sumber kebaikan teramat besar
  • Coba hitung satu baris quran ada brp huruf, dikali pahalanya 10 sampai 700. Misal satu baris ada 40 huruf, dikali 700 = 28000, kl udah ngulang 100 kali, jadinya 2.800.000
  • Ente nyebrangin nenek2, dapat 1 kebaikan. Kalau mau 2.800.000 kebaikan, sebrangin 2.800.000 nenek2 XD *ya nggak 1 kebaikan juga sih, bisa lebih banyak

Kata ustadz dari Yaman:
– Karena Quran dan maksiat tidak bisa disatukan dalam satu hati. Apabila kita ingin mendekati Quran, jauhi maksiat
– Al Quran adalah kitab yg paling mudah dihafal
– Cara termudah utk menghafal, baca terus tiap hari

Advertisements

8 thoughts on “Tausiyah tentang Menghafal Quran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s