Mari Menghafal Qur’an! (1)

“Ngafal Qur’an? Hah, ngapain?!”

Dulu saya mikir gitu loh. Ngerasa gak ada urusan sama sekali dengan Al Qur’an. Apalagi ngafalin! Ngapain juga, i have so many more interesting things in life. Ngek! Sombong bener ye.. Tapi itu dulu. Sekarang semuanya berubah sejak negara api menyerang kurang lebih setahun ke belakang.

Awalnya mungkin karena ikut tahsin di Al Hijri tahun 2010. Tapi itu juga masih belum ada keinginan ngafalin Qur’an. Boro2. Tapi mungkin begitulah cara kebaikan bekerja: melahirkan kebaikan2 lainnya, berlipat ganda. Jadi insya Allah yang saya lakukan kebaikan kan ya, pergi ke masjid, belajar memperbagus bacaan Qur’an. Terus, harus istiqomah, karena gak sedikit yang tumbang, sering gak masuk dan akhirnya gak berlanjut belajarnya. Dan siapa sangka si Hening dudul yang dulu males banget boro2 kepikiran ngafalin Qur’an, sekarang jadi punya target untuk hafal Qur’an! Gak cuma itu, dengan izin Allah suatu hari si Hening ini nemu videonya ustadz Nouman Ali Khan, yang penjelasan tafsir Qur’annya bikin dia jatuh cinta makin dalam sama Qur’an. Makin terpesona dengan ayat2 Allah 🙂 Jadi bukan hanya ingin menghafal, sekarang jadi pengen juga bisa memahami semua isi Qur’an. Jadi ingat satu rumus ini ya temaaaan: satu kebaikan bisa melahirkan kebaikan2 berikutnya, berganda, berkali lipat, seperti amoeba membelah diri! But please note that this is also apply to “keburukan/maksiat”!

Kalo ditanya sampe mana hafalan saya, yaa masih dikit sih. Yang penting, saya punya target setiap tahunnya. Yang penting lagi, dinikmati prosesnya. Dan yang terpenting, saya mau ngajak kamu semua yang Muslim untuk semangat menghafal Qur’an yuuuk! Ini pedoman hidup kita.. Semua solusi ada di Qur’an, asal kita berusaha/belajar untuk memahami dan mau balik ke Qur’an. Qur’an itu mukjizat Nabi kita, keajaiban. Rugi banget kalo seumur hidup, ngaku Muslim, tapi jauh dari Qur’an. Cukuplah motivasi dari Allah dalam hadits2 tentang keutamaan orang yang dekat dengan Qur’an. Tinggal tengok dalam2 ke hati, tanya ke diri sendiri, “sebenarnya kamu mau nggak jadi ahlul Qur’an?”

“Sesungguhnya di antara manusia terdapat keluarga Allah. Para sahabat bertanya, Siapakah mereka Yaa Rasul?? Rasul menjawab: Mereka adalah ahlul qur’an, mereka itu keluarga Allah dan orang-orang pilihan-Nya” (HR.Ahmad)

Advertisements

5 thoughts on “Mari Menghafal Qur’an! (1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s