antara jilbab dan hotpants

Suatu malam di sebuah rest area tol Cipularang, Entah kilometer berapa. Mengantri di sebuah toilet perempuan. Datang seorang remaja putri berkaos dan berhotpants. Mau gak mau beberapa pasang mata melirik juga ke arahnya. Bisa saya bayangkan, seperti di postingan ini, ketika ada remaja putri lainnya, mungkin ada yang bergumam dalam hatinya, “ih keren ya.. gw pengen deh pake baju kayak gitu”. Namun di hati yang lain, mungkin juga ada yang berkata, “astaghfirullah.. minim banget celananya. gak bisa lebih sopan apa ya pakaiannya”. –dan mungkin pada yang lainnya akan ada perdebatan, relativitas sopan tak sopan, boleh tak boleh, baik tak baik, benar tak benar. haha.. makan tuh kebenaran relatif.

Sekarang ceritanya kamu udah punya anak perempuan. Ketika dia beranjak remaja, mana yang kamu inginkan keluar dari lisannya? “ibu/ayah, aku pengen pake hotpants” atau “aku ingin berjilbab rapi”. Kondisi di rumahnyalah yang akan menentukan. Didikan ayah ibunya yang akan punya peranan. dari pengamatan sih yaa.. anak yang ibu dan saudari2nya berjilbab, akan punya kecenderungan lebih besar juga untuk mau berjilbab dengan keinginan sendiri. Bahkan bukan cuma anak, ART pun bisa pengen ikutan berjilbab juga. Sebaliknya kalau ibu dan saudari2nya terbiasa berpakaian terbuka, ya gak heran jika si anak nantinya punya preferensi berpakaian yang sama. Intinya, gimana contoh terdekatnya ya.. gimana teladannya. Dan menjadi orang tua adalah tugas teramat berat yang gak pernah diajarkan pendidikan formal. Gak ada salahnya belajar dari sekarang 🙂

“Whatever you want your children to be tomorrow, be that person today.” (Abdul Nasir Jangda)

Advertisements

7 thoughts on “antara jilbab dan hotpants

  1. suaracahaya says:

    hotpants itu celana macam apa sich? *seriusnanya*

  2. qatrunnada says:

    Indonesia amal mazhab syafi’ie kan..knp sy lihat student indonesia yg study di jordan memakai pakaian yang ketat dan tidak menutup aurat secara sempurna?maafkan saya kalau saya salah bicara:)

  3. zeze says:

    hotpant itu celana kolor tapi di pake cewek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s