aku makin cinta… :)

Hyaa.. norak ya judulnya.. Haha.. Sebenernya ini adalah lanjutan tulisan yang itu. Saya jatuh cinta lagi dan makin cinta sama buku ituuu! Yap, Al-Qur’an.. Kalo dulu saya jatuh cinta untuk membaca dan mulai menghafal, sekarang saya jatuh cinta untuk mentadaburinya. Okeh, saya ceritain kronologinya aja yah..

Berawal dari sebuah link yang saya klik dari twitnya @muha_haris. Link itu menuju ke sebuah video youtube berjudul “My Favourite Dua in Qur’an – Nouman Ali Khan”. Trus saya coba tonton video itu. Biasanya, saya kalo dengerin orang ngomong pake Bahasa Inggris, ga bisa tahan lama2. Bukan apa2, kagak ngarti.. hahaha. Tapi video yang berisi ceramah dari ustadz Nouman Ali Khan itu cukup menarik. Saya tahan dengerin karena ngomongnya jelas, dan topiknya menarik, do’a favorit di Qur’an, yang selalu saya baca tiap abis shalat.

Akhirnya saya berhasil selesai nonton ceramah itu. Dan… rasanya… pengen nangiiis :’) Nangis bahagia karena baru kali itu ada yang bahas tafsir Qur’an segitu indahnya. Dia bisa menjelaskan dengan sangat jelas, dengan pemahaman terhadap bahasa dan budaya di mana Qur’an diturunkan, dengan contoh nyata yang relevan banget sama masa sekarang. Bener2 nonjok2 hati in a good way 🙂 Oya, bukan hanya menjelaskan, tapi juga menginspirasi sehingga saya jadi tau, setelah denger itu, apa yang harus saya lakukan. Oya, saya juga nulis catatan setelah dengerin ceramah itu di sini.

Setelah itu, saya jadi sukaaaaa banget dengerin ceramahnya Nouman Ali Khan. Bukan hanya karena cara ceramahnya yang oke banget, tapi juga karena apa yang dia bawakan: Qur’an. Saya jadi lebih menghargai Qur’an. Lebih terpesona sama Qur’an, karena bahkan dari satu ayat aja, atau bahkan satu kata, ada banyak hal yang bisa direnungkan, ada banyak pelajaran dan inspirasi yang bisa diambil. Selain dari ceramahnya, saya juga baca websitenya, terutama di bagian gems, di situ dibahas gimana caranya kita ekstrak mutiara2 dari Qur’an lewat fitur linguistiknya.

Jadi sekarang setelah tilawah Qur’an saya mencoba untuk konsisten baca artinya. Setidaknya saya tahu, di Qur’an ada apa aja. Kisah songongnya Bani Israil, Jalut dan tentaranya, kalalah itu apa, hukum seputar talak dan iddah, dll. Juga jadi berusaha berpikir lebih dalam tentang ayat2nya. Misalnya, kenapa di surat Ath-Thalaq yang membahas soal talak (cerai), di ujung ayatnya selalu ada “siapa yang bertakwa maka..”. Menarik. Afala ta’qiluun? Maka tidakkah kamu berpikir? Setidaknya mencoba untuk lebih mikir kalo baca Qur’an..hehe 😀

Terakhir, ini do’anya Ustadz Nouman Ali Khan dahulu kala, mungkin do’a ini pula yang dikabulkan Allah terus dia jadi sangat lancar mengajarkan Qur’an sekarang. Mumpung masih Ramadhan, bulan diturunkan Qur’an, jadi pengen berdo’a ini juga.. 🙂

Oh Allah, i love Your book.
And i’d love nothing more than to learn it and to teach it.
Just make it easy for me to learn it.

3 thoughts on “aku makin cinta… :)

Leave a Reply

