lingkaran baru^^

alhamdulillah sabtu ini mulai semester baru tahsin di masjid al hijri bogor. tapi kali ini, saya bukan di kelompok tahsin lagi melainkan tahfizh. jadi urutannya setelah tahsin 1, tahsin 2, takhosus, lalu tahfizh. karena setelah tahfizh gak ada tingkat lanjutannya, jadi peserta lama pun masih di kelompok itu. ya tinggal nambah hafalannya aja kan. jadi pesertanya bisa dibilang tetap, kecuali ada yang berhenti, plus ditambah peserta baru yang lulus dari takhosus. kalo sebelumnya saya selalu diajar oleh ustadzah, di kelompok ini diajar oleh ustadz.

pertemuan pertama tadi baru perkenalan aja dan murajaah. alhamdulillah dapet kenalan baru yang mostly ibu2. jadi teman sekelompok saya ini ada yang seumuran, sampe ibu2 yang usianya menjelang 60 tahun. ibu2 ini hebat sekali lho.. sudah tidak muda lagi tapi semangatnya… beuh.. malu deh yang muda kalo kalah 🙂 si ibu yang usianya hampir 60 itu aja, sehari tilawahnya 4 juz!

enaknya ikutan kelompok begini ya pastinya dapet motivasi tambahan baik dari sesama peserta maupun dari ustadz. intinya, jangan pernah lelah dan bosan untuk berdekat2 dengan Al-Qur’an. beberapa ibu2 peserta aja ada yang udah ikutan tahfizh selama 4 tahun, ada yang udah 12 tahun! kalo berhenti, suka turun semangat kata si ibu2 mah. belom lagi kalo ga murajaah (mengulang hafalan), langsung deh ilang2an tuh hafalan Qur’an. memang lingkungan yang kondusif itu sangat penting untuk menjaga.

ustadznya cerita, ada orang yang udah hafal Qur’an 30 juz, lalu berhenti tahfizh selama 2 tahun. mungkin karena sibuk ya, jadi gak terjaga hafalannya. pas ketemu lagi sama ustadznya, hafalan juz 30 pun udah terbata2 bacanya.. glek! sayang banget ya.. emang kerasa banget kalo ga diulang seminggu aja, udah lupa2. makanya harus sering murajaah. di mana aja murajaah (kecuali di kamar mandi). ustadznya aja kalo naik motor sambil murajaah. meskipun kadang jadi oleng dikit gitu kata dia. tapi cuek gitu dia, yang namanya mati mah udah ditentuin, baik lg murajaah atau nggak. makanya mendingan murajaah. kalo bisa pas ajal menjemput tuh lagi murajaah. interaksi dengan Al-Qur’an itu kan pahalanya gede banget ya, karena itu godaannya pun gede. Tapi harus mau bersusah payah, karena kalo mau masuk surga, siapa coba “saingannya”? Imam Syafi’i, Imam Malik, dll. Coba, apa yang kita punya dibanding mereka, agar Allah ngelirik kita? T_T

alhamdulillah bisa mendapatkan kesempatan ini. harus terus semangat! target: hafal Qur’an sebelum usia 40 tahun. ~malu sebenernya nulis ini, masih mikir mampu ga ya mampu ga ya. tapi apa salahnya punya cita2 yang baik? dan apa susahnya kalau sudah niat dan ikhtiar pun mendukung? kesulitan macam apapun pasti diterjang 😀 bismillah…

Al-Qur’an itu hidayah, sudah diturunkan Allah sejak lama. Tapi tidak semua orang mau mengambilnya. Hidayah, rezeki, itu sudah disebarkan oleh Allah. Tinggal mau atau nggak mengambil atau menjemputnya. (ustadz suhendar)

Advertisements

9 thoughts on “lingkaran baru^^

  1. “…kalo bisa pas ajal menjemput tuh lagi murajaah..”,..
    aamiin,..

    Btw, mengumbar impian itu ada baiknya kok, jadi kalau ndak terlaksana, => malu… kalau udah malu => semangat lebih untuk mencapainya,…
    Semoga terlaksana,…
    aamiin

  2. mba…itu daftar di mesjid al hijr ya? hari apa sih kegiatannya?
    cara daftarnya dmn nya? gmn?
    makasih ya mba..
    aku sm suami pengen belajar..biar persiapan jd ortu.. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s