pelajaran hari ini

Tadi pagi bangun dengan perasaan kesal, karena gak bangun sebelum Subuh, gak QL, gak sahur. Malam sebelumnya pun tidur dengan perasaan kesal dan masih memikirkan suatu hal *kerjaan* Pagi tadi usai shalat Subuh dan tilawah, malah tidur lagi, ngantuk! Oalah rek, kalau kebanyakan tidur itu emang malah jadi ngantuk. Pokoknya kesel sekeselnya sama diri sendiri. Mana saya lagi punya target tilawah yang cukup meningkat dari tilawah biasanya. Jadi nyesel karena waktu tidur itu mendingan dipake tilawah. Tapi ya udahlah, karena sudah ‘membuang waktu’, harus dibayar dengan amal yang lebih optimal.

Alhamdulillah, seharian ini bisa memaksa diri ngejar target sekaligus rapelan tilawah. Dan, tiba2 jadi tenang aja gitu. Ilang deh rusuh2 dan rasa kesel karena kerjaan yang dipikirin semalem. Oh ya, mungkin karena bisa mencoret sedikit item dari to-do list juga. Agak stress soalnya banyak yang harus dikerjain tapi gak juga dikerjain. Begitu ada dikit aja yg bisa dikerjain, wah senangnya bisa mencoretnya dari list.

Hari ini, jadi teringat bahwa kesalahan yang kita lakukan, bisa jadi baik jika itu membuat menyesal dan termotivasi untuk menutupinya dengan kebaikan yang lebih banyak. Dosa/maksiat yang membawa si pelaku pada penyesalan, malu, dan akhirnya taubat pada Allah lebih baik daripada amal shalih yang membawa kesombongan -> kata siapa gitu.

Kata Hasan Al Basri, sesungguhnya diri kita adalah kumpulan hari. Jika berlalu satu hari, maka hilang pula sebagian diri kita. Namun di sisi lain, bagi saya, diri kita juga adalah akumulasi ilmu dan amal. Sedikit demi sedikit kita belajar, mencari ilmu, beramal. Dari tidak tahu menjadi tahu. Dari yang awalnya merasa berat, sampai akhirnya terbiasa dan ringan mengerjakan suatu amal. Dari amal yang sedikit, menjadi banyak. Semoga kita bisa terus membiasakan diri dengan amal2 shalih, dan tentunya berusaha meningkatkannya.

Fabiayyiaalaai robbikumaa tukadzdzibaan?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s