aku mencintainya…

~eaaa.. judulnya mengundang banget gak? hahaha

Sejak kapan ya? Ah, gak inget tepatnya kapan. Mungkin sejak dulu, Saat mulai merasa senang dan butuh untuk lebih dekat dengannya. Beli mushaf yang berukuran kecil, biar bisa dibawa ke mana2. Yap, quite a big change. Karena biasanya mana pernah bawa mushaf kalo pergi2. Baca qur’an ya di rumah, pake qur’an yang gede, udah gitu dibacanya seminggu mungkin cuma sekali.

Tapi sejak itu pun, sebenarnya interaksi dengan qur’an masih biasa2 aja. Sekedar baca, mungkin. menghafal sepertinya nggak. Mentadaburi kayaknya nggak juga. Mengamalkan? Mengajarkan? wew gak tau deh.

Di QS Al Hijr: 9 Allah bilang, bahwa “Kami yang menurunkan Al-Qur’an, dan kami pula yang menjaganya”. ketika Allah menggunakan kata kami, menurut ahli tafsir, itu berarti ada peran makhlukNya dalam perkara yg disebutkan. Dalam ayat ini, “kami menurunkan” melibatkan malaikat Jibril dan Nabi Muhammad, dan “kami menjaganya” melibatkan seluruh manusia yang turut menjaga Al-Qur’an dengan menghafalkan, mengamalkan, dan mengajarkannya.

Allah menjaga Al-Qur’an. Hamba2Nya pun turut berperan menjaganya. Maka, orang2 yang ikut menjaga Al-Qur’an pun insya Allah mendapat penjagaan dari Allah juga. Tersebutlah mereka Ahlul Qur’an, yaitu orang2 yang senantiasa membaca, mentadaburi, menghafal, mengamalkan, dan mengajarkan Al-Qur’an.

Berinteraksi dengan Al-Qur’an adalah sebaik2 kesibukan. Al-Qur’an akan jadi syafa’at (penolong) di akhirat kelak, bagi orang2 yang selalu berinteraksi dengannya. Orang yang tidak ada Al-Qur’an dalam dirinya, ibarat rumah yang roboh. Para penghafal Qur’an disebut sbg keluarga Allah di bumi. Tidak ada amal lain yang balasannya demikian.

Setahun terakhir ini, alhamdulillah bisa belajar untuk lebih mencintai Al-Qur’an. Sepertinya berawal dari tahsin yang saya ikuti di Masjid Al Hijri Bogor (dekat air mancur). Belajar memperbagus bacaan Qur’an, dengan memperhatikan hak setiap hurufnya dan hukum2nya. Dapat guru2 yang masya Allah.. keren2 banget. Setiap dateng tahsin itu berasa disuntik lagi dengan semangat untuk jadi lebih baik sbg Muslim, untuk lebih cinta dan dekat lagi dengan Al-Qur’an. Dimulai dari memperbaiki bacaan, dan menjaga konsistensi tilawah harian minimal 1 juz per hari. Lalu berusaha semangat lagi untuk menghafal, meskipun empot2an XD Targetnya tahun ini kan nambah 2 juz, tapi gak tercapai…huhuhuhu ๐Ÿ˜ฆ Baru juga nambah setengah juz *parah banget emang* Sempet demotivasi juga dulu, gak tau kenapa. Tapi insya Allah sekarang semangat lagi! Pluuus, harus bertambah juga semangat untuk mengamalkan, yang diawali dengan pemahaman dari mentadaburinya. Harus semangat baca dan ikut kajian tafsir! Lalu mengajarkan.. insya Allah dikit2 *dikit banget ya Allah :(*

Semakin hari, saya makin cinta Al-Qur’an! Kamu gimana? ๐Ÿ™‚

Advertisements

10 thoughts on “aku mencintainya…

  1. Assalamu’alaikum. mba hening.
    Salam kenal ๐Ÿ™‚
    aku Qisthi. Seorang karyawati kerja dari senin – jumat, jam 8 pagi – 5 sore. Aku pgn bgt bs ikut program tahfizhul qur’an, yg waktunya bs menyesuaikan dgn jam kerja aku. Di masjid al hijri air mancur ada tidak yah mba? terimakasih banyak.
    Wassalam

  2. Mba mau tanya ini yg sebelah kiri air mancur bukan? kalo mau ikut tahsin di al hijri ini harus daftar dulu atau gimana? Programnya berapa lama? Saya cari2 infonya belum nemu di google hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s