prioritas

Pagi tadi ada twit “lucu” dari akun seorang pengusaha yang cukup ternama. Waktu ada follower yang nanya, “gimana sih caranya sukses bisnis saat kuliah?”. Jawaban si pengusaha itu adalah: “Jgn t’lalu pinter d kampus. Jd waktunya bs optimal u bisnis”. Ngoook.

Terus lu kuliah mau belajar apa mau bisnis? Sama kayak jaman2 dulu nih waktu ada pertanyaan “dakwah apa akademis?” di kampus. Seorang ustadz –gw lupa siapa, kl gak salah Pak Musholi-maap Pak kalo bukan Bapak– bilang, di kampus ya untuk belajar. Kalau mau dakwah, ga perlu di kampus juga bisa. Bukan berarti gak perlu dakwah, tapi gw lebih seneng mengartikannya sebagai: jangan didikotomi. Toh elu belajar yang bener terus berprestasi, menginspirasi orang lain, bisa bagi2 dan manfaatin ilmu juga dakwah.

Kalau dalam kasus twit di atas tadi, lebih parah lagi sih. Seperti menegasikan tujuan utama kuliah. Kesannya, ya elu santai2 aja lah kuliah, gak usah pinter2 amat, biar waktunya bisa dipake bisnis. Bukan berarti bisnis saat kuliah itu gak boleh. Mau kuliah sambil ngapain aja ya sah2 aja, tapi ya mbok inget tujuan kuliah tuh apa. Kan harusnya kalo belajar yang bener bisa jadi orang yang kompeten dan kontributif ya *nonjok diri sendiri* Lagian, bisa kok bisnisnya selaras sama kuliahnya. Misalnya tuh dulu temen2 Fasilkom gw bisnisnya bikin web, atau si anak pertanian UGM yang bisnisnya di sektor pertanian juga, si anak perikanan IPB bisnisnya ternak lele, si anak kedokteran UI bisnisnya alat kedokteran.

Berniat untuk bertambah pintar (“terlalu pinter” sekalipun) saat kuliah tuh perlu. Intinya sih semangat nyari ilmunya. Apalagi udah ngabisin bertahun2 di kampus, udah bayar mahal2, dan ga semua orang punya kesempatan yang sama. Kalo mau sambil bisnis atau apapun juga, yakin deh, dua2nya bisa dijalanin dengan optimal. Asal bisa nyusun prioritas aja. Sekian.

Advertisements

5 thoughts on “prioritas

  1. Nah itu dia ning, balik lagi ke tujuan awal kuliah itu mau ngapain. Ada orang yang kuliah cuma sekedar biar nggak malu karena nggak kuliah. Ada orang yang kuliah mau memperluas network dan kenalan. Ada orang yang kuliah mau cari pacar/jodoh. Ada orang yang kuliah cuma sekedar nyenengin ortunya aja.

    Mungkin si pengusaha itu, dulu pas kuliah emang tujuannya buat santai-santai sambil bisnis… Ya ujung2nya mungkin dia nggak jadi pinter, jd jadi sukses usahanya, hehehe

  2. Suka!
    Tapi bingung ngomong apa,…
    Ane dulu pernah bilang kalau harus fokus antara makan atau belajar, tapi untuk kasus Belajar dan Dakwah ini, kayaknya harus jalan bareng deh,…
    Hmmm, berarti “fokus” itu ndak bisa dipukul rata,…
    :mrgreen:

    • kayaknya kl fokus itu dalam satu waktu deh, jd kl lg makan ya makan, belajar ya belajar, ngaji ya ngaji. tp sepanjang tahun atau sepanjang hayat kt memang akan punya banyak peran, misal murabbi, karyawan, suami, ayah, anak, dll. semuanya bisa jalan bareng dgn optimal. tp pd satu waktu, saat liqo misalnya, ya jgn sambil mikirin kerjaan 😀 ~dan seterusnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s