Nikmat yang Terlupakan

yuhuu.. mau share isi kajian Ramadhan di Fasilkom ah.. Yang ini edisi tafsir Qur’an oleh Ustadz Anwar Nasikhin. cekidot🙂

“Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (An-Nahl 96)

Ketika kita berangkat kerja setiap hari, kita gak perlu disuruh-suruh lagi. Begitu mudahnya kita berdisiplin diri untuk bangun pagi, kemudian berangkat kerja. Kenapa? Karena imbalannya langsung terlihat. Akhir bulan kita langsung mendapat bayarannya.

Tapi bagaimana dengan ibadah khusus/amalan-amalan akhirat. Mengapa sulit sekali untuk shalat subuh berjama’ah di masjid, susah untuk tilawah 1 juz per hari? Karena balasannya di akhir, tidak terlihat di dunia. Baru bisa dirasakan di akhirat kelak. Padahal itulah yang ada di sisi Allah, dan itulah yang kekal.

Bandingan dengan apa yang ada di sisi kita. Misalnya, kita menanam sayur-sayuran, kemudian setelah panen kita bawa ke pasar. Kita mendapat sejumlah uang, masuk kantong, tapi berapa lama uang itu tahan di kantong? Ada pos pengeluaran untuk makan, transport, sekolah anak, dan lain sebagainya, sampai akhirnya habis.

Lalu misalnya, kita mengikuti lomba jalan sehat yang menjanjikan hadiah 1000 mobil, 1000 motor, 1000 rice cooker, 1000 setrikaan, 1000 sepeda lipat. Karena iming-iming hadiah, pesertanya mencapai 100.000 orang. Di akhir perlombaan, lebih banyak yang senang atau kecewa? Tentunya ada 95.000 orang yang kecewa, dan hanya 5000 orang yang senang karena mendapat hadiah. Semua memang bisa sampai finish, tapi hanya yang tercepat yang mendapat hadiah. Apa yang ada di sisi kita (manusia) memang bisa lenyap. Jatah usia saja suatu saat akan habis.

Tapi pahala sholat, pahala puasa, pahala baca Qur’an dan ibadah lainnya? Bisakah habis? Tidak pernah! Berapapun orang yang berlomba-lomba mengerjakan ibadah itu, semua mendapat pahala, baik yang sampai paling awal, di tengah, maupun terakhir. Tidak perlu khawatir apa yang di sisi Allah akan habis. Surga tak pernah kepenuhan, neraka juga. Ibaratnya, kalau kita ingin berlomba-lomba masuk neraka juga tidak akan penuh-penuh:

(Dan ingatlah akan) hari (yang pada hari itu) Kami bertanya kepada jahannam : “Apakah kamu sudah penuh?” Dia menjawab : “Masih ada tambahan?” (QS Qoof: 30)

Sekarang bicara tentang Ramadhan. Senangkah kita menyambut Ramadhan? Senang? Apa buktinya? Tilawah sudah berapa juz? Shalat sunnah nambah apa saja? Shodaqoh nambah berapa? *krik krik..nambah gak yaa* Orang senang itu ekspresif. Coba liat pemain bola kalau habis ngegolin, wah ekspresinya heboh banget, ada yang ngesot (eh apa sih itu namanya yang meluncur pake lutut), lari2 keliling lapangan, joget2, dsb. Lalu apa ekspresi kegembiraan kita akan datangnya bulan Ramadhan?

Gembira menyambut Ramadhan^^

Rasulullah mencontohkan ekspresi kegembiraan itu dengan bertambahnya ibadah khusus. Ya itu tadi, shalat, tilawah, dzikir, dsb. Jangan sampai di Ramadhan ibadah2 tersebut tidak meningkat kualitas dan kuantitasnya. Rugi serugi2nya kalo gitu. Untung di Ramadhan itu untung sejati, untung sebener2nya. Begitu juga kalau rugi, ya rugi sejati. Karena meskipun kita jungkir balik di 11 bulan lainnya, gak akan pernah bisa menyamai keutamaan dan keuntungan yang bisa kita dapatkan di bulan Ramadhan.

Jadi.. selamat menyambut dan menikmati Ramadhan dengan meningkatkan ibadah🙂

Marhaban yaa Ramadhan…

Buat target ibadah🙂

Sumber gambar: komikmuslimah.blogspot.com


Yeey.. dapet award dari komikmuslimah.. Makasih Mbak Dhiba🙂

7 thoughts on “Nikmat yang Terlupakan

  1. Jadi refleksi pribadi, masih banyak target ramadhan yang belum ditunaikan >.<
    Oh…manusia, manusia…

  2. saya sendiri says:

    terimakasih sudah mengingatkan..

  3. vivi mulya says:

    waah.. artikelnya sangat mengena🙂
    semoga kita bisa memanfatkan dengan sangat baik bulan Ramadhan kali ini, dan jadi salah satu orang yg beruntung *amiin*

    btw, salam kenal yaa😀

  4. Assalamu’alaikum🙂

    Mbak Hening, artikel Mbak yang ini dapat 2 kartu pos spesial dari Komik Muslimah. Insya ALLAH awal September akan saya kirimkan langsung ke alamat Mbak, jadi tolong segera e-mail saya alamat lengkap Mbak ya (dhibaa.u@gmail.com). Terima kasih🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s