tuhan vs setan

barusan ada twit nyeleneh-as-usual dari @ulil yang bertanya begini:

If evil never disappears from earth, can we say that God never wins battle over Devil? #JustAsking

If Devil battles with human, why does God not take side with the latter to defeat the former and win the battle? Why is evil still there?

gimana menurutmu?

kalau menurut saya..jawabannya tentu saja tidak. Tuhan membiarkan setan tetap ada di dunia bukan karena Tuhan nggak mampu menghadapi atau membasmi setan. Tuhan berkehendak membiarkan setan tetap ada di dunia untuk menguji manusia: siapa yang menjadikan setan musuh, dan siapa yang menjadikan setan temannya.

tentang pertanyaan kedua.. sama aja dengan kita nanya, kenapa Tuhan gak menghilangkan kemiskinan, kesengsaraan, kejahatan, kekerasan, dan semua hal2 tidak baik di dunia ini. Tuhan gak langsung  menghilangkan hal2 tersebut, juga gak langsung membantu manusia untuk menang melawan setan adalah untuk memanusiakan manusia: untuk membuat usaha tetap menjadi domain manusia. agar manusia berdaya, berusaha, berjuang sekuat tenaga untuk melawan setan, juga untuk menghilangkan hal2 buruk dan mengupayakan hal2 baik. dengan itu manusia punya pilihan. dengan itu manusia bukanlah robot yang disetir oleh Tuhan. dengan itu Tuhan bisa membedakan, mana yang berusaha dan mana yang tidak. tapi bukan berarti Tuhan tidak membantu. saya yakin Tuhan membantu, tapi caranya tentu tidak langsung, ada caranya tersendiri.

so, teman2 hati2 yah sama @ulil dan jaringan islam liberalnya, karena suka menyebarkan pemikiran2 sekuler, pluralis, liberalis (sipilis). contohnya, dia pernah blg gini di twitnya: “karena dunia kedokteran berubah dan berkembang terus, maka peraturannya jg bisa direvisi. begitu jg agama.”

Inget film komo?ada tokoh bnama ulil (ulat jahil).ulil berbulu mnyerang pohon.ulil berambut menyerang aqidah umat Islam (@sukroanonim)

waspadalah..waspadalah..

Advertisements

2 thoughts on “tuhan vs setan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s