pelarangan cadar di perancis

Burqa-Hijab-Niqab
Burqa-Hijab-Niqab

Setelah pelarangan penggunaan simbol keagamaan di sekolah negeri pada tahun 2004, belakangan ini di Perancis mulai diberlakukan pelarangan memakai burqa/niqab/cadar bagi muslimah di tempat2 umum (tepatnya 11 april 2011). Kalau ketahuan pakai cadar, maka akan didenda €150 atau disuruh ikut pelajaran kewarganegaraan perancis. Hmm.. hal ini membuat saya jadi sebal sama Perancis. Kenapa negara yang katanya menjunjung tinggi hak asasi manusia itu bisa melarang orang lain untuk menjalankan kepercayaannya? Saya masih inget pas pelajaran sma dulu, ceunah mah semboyannya liberte, egalite, fraternite (kebebasan, persamaan, persaudaraan). hah..mana? mana? udah gak dipake ya tu semboyan?

Ngomong2, ini adalah alasan pemerintah sana melarang pemakaian cadar di muka umum:

Pemerintah Prancis telah memberlakukan larangan mengenakan cadar di tempat umum karena dituding meruntuhkan kriteria dasar yang harus dipenuhi dalam masyarakat bersama. Prancis yang dipimpin Presiden Nicolas Sarkozy menganggap cadar menempatkan perempuan ke posisi terendah yang tidak sesuai dengan prinsip persamaan di negeri mode itu. (Republika)

Eh padahal The French Council of State sudah memperingatkan mengenai pelarangan cadar ini:

The French Council of State has warned that the ban could be incompatible with international human rights laws and the country’s own constitution. The council advises on laws, but the government is not required to follow its recommendations. (CNN)

jadi peraturan gak sesuai konstitusi ternyata bukan di indonesia doang ya booo! -_-

Kalo menurut saya sih sebabnya adalah karena mereka yang nggak ngerti mengenai pemakaian cadar itu sendiri, menganggap bahwa perempuan yang pake cadar itu direndahkan. Padahal sebenarnya mereka dimuliakan karena wajah/tubuhnya terlindungi dari mata2 jelalatan, dan gak sembarang orang yang bisa melihatnya. Dia merdeka karena bisa menentukan, siapa yang berhak melihat wajah/tubuhnya dan siapa yang tidak. Dan perempuan2 itu pake cadar pastinya karena kesadaran mereka sendiri, karena pilihan, karena keyakinan. Justru gak sesuai sama prinsip persamaan Perancis kalau mereka dipaksa melepas cadarnya: kenapa mereka gak dikasih hak yang sama untuk mengekspresikan keyakinannya?

The French government’s argument for this law: these religious coverings are demeaning to women and cause them to be hidden. However, what seems far more demeaning is this intensified threat to French women’s right to choose what they wear. Yes, images of women unveiling their burqas in Afghanistan after the fall of the Taliban are still fresh in the minds of westerners, but this is not the case in France. These women are not being oppressed or forced to wear the garb; rather, it is a religious and cultural choice. While the government may feel such a choice hides the women, this new law could easily force them into actual hiding if they cannot express their religiousness in public. (hercampus.com)

Yap, meskipun Pemerintah Perancis menganggap bahwa penggunaan cadar itu merendahkan perempuan dan menyebabkan mereka tersembunyi dari publik, sesungguhnya pelarangan itu sendiri bisa jadi justru merupakan bentuk merendahkan perempuan bercadar, karena tidak bisa bebas memilih apa yang ingin mereka pakai. Pelarangan ini juga membuat mereka “tersembunyi” karena gak bisa mengekspresikan keyakinannya di depan publik.

France already denies citizenship to women who wear burqas or to Muslims who strictly adhere to the call of prayer on the grounds of “insufficient assimilation.”

The attack on the burqa can easily be viewed as an attack on the Muslim religion as a whole and potentially cause the otherwise peaceful and well-assimilated Muslim population to be not so peaceful. Wouldn’t that just prevent assimilation even further? (hercampus.com)

Insufficient assimilation, secara harfiah berarti kurangnya pembauran, mungkin maksudnya adalah penggunaan cadar mengindikasikan pemakainya kurang berhasil membaur dan menyatu dengan masyarakat Perancis. Tapi dengan pelarangan begini, bukannya malah menghambat pembauran terjadi?

Seperti Erdogan, saya pun mengecam larangan penggunaan cadar di tempat umum ini! *lah, siapa gue*

“Hari ini di Prancis tidak ada penghormatan terhadap kebebasan beragama bagi individu,” (Recep Tayyip Erdogan, Perdana Menteri Turki)

sumber bacaan:

France begins ban on niqab and burqa

Advertisements

2 thoughts on “pelarangan cadar di perancis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s