pekerjaan

yeey! mungkin saya bisa bilang, saya suka pekerjaan saya sekarang! dulu kalau ditanya, perasaan saya jawabnya gak suka2 amat. tapi ternyata pekerjaan saya menyenangkan! πŸ™‚

jadi ceritanya beberapa waktu yang lalu, supervisor waktu saya kp dulu menawarkan pekerjaan di tempatnya. terus saya bilang tidak bisa menerimanya. lalu teman saya juga menawarkan pekerjaan di tempat dia bekerja. saya bilang, saya udah betah kerja di sini.. horee..hehehe. maksudnya adalah, saya gak mau kalau pindah kerjanya ke kantor2 di jakarta, yang membutuhkan waktu tempuh lebih lama dari/ke rumah, yang membuat saya harus berangkat lebih pagi dan pulang lebih malam, yang kata orang suka macet, yang orang2nya gak santai..haha. kecuali kalau gajinya sepuluh kali lipat dari gaji sekarang.

terus kenapa saya suka pekerjaan saya sekarang?
1. lokasinya di kampus ui depok
perjalanan dari/ke rumah saya sekitar 1 jam naik kereta. terus saya suka lingkungan kampus, karena rasanya di sini dekat dengan ilmu pengetahuan πŸ˜€ resource banyaaaaak: internet, perpus, jurnal, seminar, training, software dll. Orang2 di fasilkom pun termasuk menyenangkan
2. santai
wahaha.. ini gak bagus juga sih sebenernya, jadi saya terbiasa santai. masuk kerja jam9-17 (dan fleksibel), load kerjaan gak banyak2 banget, ke kantor pake sendal jepit, selesai jam kantor suka pada main game, dll. tapi di luar kantor, tugas2 saya banyak kok πŸ˜‰
3. sesuai dengan bidang ilmu saya
meskipun saya gak jago2 banget ya, tapi saya suka developing application. dan kerjaan saya di sini ya itu, ngoding (mostly php)
4. banyak kesempatan belajar
jadi karena kantor saya itu konsultan yang client-nya di luar UI, jadi saya bisa dapat banyak kesempatan belajar dan mengalami hal2 baru. misalnya belajar tentang ruang/proses di mana aplikasi itu dibangun. istilahnya sih business process. jadi misalnya kantor saya buat aplikasi pengaduan TKI/WNI di Malaysia, saya jadi tau proses pengaduan gimana. bukan cuma yang teknis aja, tapi saya bisa tau juga lingkungan dan orang2 di sana gimana. terus saya juga bisa kerjasama sama orang bule pas kebetulan ada proyek bareng mereka. terus bisa jalan2 (dalam rangka instalasi/training aplikasi) ke berbagai daerah di indonesia sampe luar negeri (wih, sounds keren ya, padahal ke johor doang kok).
5. kekeluargaannya terasa
hmm ini sih terasa dari seringnya kami makan2 bersama..hohoho.. kalau ada yang ulang tahun misalnya, atau ada yang mau capcus pindah kerjaan ke tempat lain. tapi ya di sini kayak temen aja semua. jadi senang2, baik2 semua.

terus, apakah saya akan terus di sini? hmm… ndak tau. saya sih suka di sini. suka lingkungannya. yang saya harapkan lebih banyak saya lakukan/dapatkan di sini adalah mengembangkan ilmu dan riset! soalnya kantor ini sebenarnya kan lab riset, tapi belum terasa risetnya. kalau di sini terus saya pengennya lebih produktif menghasilkan karya2 yang bermanfaat bagi masyarakat. seperti ini, mungkin ini salah satu awalan untuk karya lain yang bisa dihasilkan kantor saya. cuma kadang2 saya bosen sih di sini. terutama kalau lagi gak ada kerjaan. biasanya saya nonton kartun deh jadinya.

terus sebenernya saya maunya apa? hmmmm… kalau bisaaaaaaa ya, kalau bisa…ehm mimpi boleh dong.. saya itu pengen ada di tempat di mana saya bisa ngembangin ilmu saya dan riset, tapi saya juga pengen dekat sama masyarakat akar rumput. ihiiy.. jadi maksudnya, saya pengen bisa bantu rakyat jelata dengan ilmu yang saya punya. misalnya, bisa bantu nerapin IT di UKM. terus, bisa mengubah para pengemis/orang2 terlantar jadi lebih berdaya guna, dengan wirausaha, dan kalau bisa dengan IT jg. hmm.. jadi namanya kerennya apa teh itu.. emm…apa teh.. ah ya itu meureun yah, sociotechnopreneurship! hehe.. jadi ini teh kegiatan memberdayakan masyarakat lewat kegiatan wirausaha yang berbasis inovasi teknologi. saya pertama kali kenal istilah ini dari MITI. contohnya tuh, kayak si raras yang punya desa binaan di jogja, yang petani di sana tuh diajak bikin biofertilizer yang bisa mereka pake di ladang mereka, plus dijual jadi pemasukan tambahan juga. wih, mantep kalii..

tapi sekarang mah saya jalanin dulu aja apa yang ada. niatin untuk terus belajar, dan mencoba berkarya πŸ™‚

Advertisements

2 thoughts on “pekerjaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s