Kesalahan yang jadi biasa

Pernah suatu waktu group “Solidaritas Jabodetabek Untuk KRL Yang Lebih Baik” di Facebook membuat status yang bikin gw keketawaan. Kira2 begini intinya:

Kalau announcer di stasiun ngumumin kereta batal berangkat tuh harusnya dia sambil nangis2 penuh penyesalan, trus jalan ke peron untuk minta maaf sama semua penumpang, sambil nyalamin mereka satu2.

Waktu baca status itu gw ketawa aja. Tapi sekarang pas gw inget lagi status itu, ditambah dengan pengalaman buruk hampir setiap hari bersama KRL Jabodetabek, gw jadi mikir lagi. Panteslah kalo announcer itu harusnya nangis2 dan minta maaf. Bahwa kereta batal berangkat karena mogok, atau telat kelewatan itu kan sebenernya sebuah kesalahan. Iya dong, kereta gak bisa berangkat sesuai jadwal yang udah ditetapkan. Terus dampaknya heboh pula: penumpang numpuk. Kalau dipaksain naik kereta berikutnya, yang bisa jadi baru ada 30 menit berikutnya, penuhnya minta ampun, desek2an nggak manusiawi, bahkan atap keretanya aja penuh. Tapi, di dunia KRL Commuter, hal itu seolah udah jadi barang biasa aja. Telat? Biasa. Mogok? Biasa. Batal berangkat? Biasa.

Kesalahan. Tapi jadi biasa. Begitu juga mungkin ya, di kehidupan sehari2. Terbiasa ngaret, ngomongin kejelekan orang, ngelakuin hal2 yang ga guna, dsb. Karena terus2an dilakuin, jadi terbiasa deh. Padahal salah. Tapi bisa jadi, hal yang disebut salah buat tiap orang itu beda2. Yang satu nganggep ngomongin kejelekan orang biasa aja deh, ga salah; yang lain nganggep itu salah. Kuncinya sih menurut gw satu: ilmu. Hehehe…

Ngomong2 ilmu, jadi inget notesnya A’Nunu yang ini deh..

Advertisements

8 thoughts on “Kesalahan yang jadi biasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s