kereta khusus wanita… horee

err, sebenarnya gerbong khusus wanita sih. gw udah nyobain naik gerbong ini 4 kali. huah, bahagia lah pokoknya, aman sentosa! meskipun petugas yang jaga masih ada yg laki2, tp untung jg ada mereka, karena mereka bener2 ngejalanin tugasnya utk menghalau laki2 yg masuk ke gerbong itu. ibu2 pun turut berpartisipasi.. heheh. kalo ada bapak2 yg masuk gerbong itu, langsung deh para ibu2 ngebilangin utk pindah gerbong. bahkan ada yg bilang gini ke para pria yang naik di gerbong tsb: “ih bencong..bencong.. ini kan gerbong khusus perempuan tau!”. herannya, meskipun udah ada poster di jendela gerbong khusus wanita, plus spanduk2 di stasiun, dan bahkan cat tulisan “area tunggu gerbong khusus wanita” di peron stasiun, tetep aja ada cowok yang naik gerbong itu dan bilang “oh saya gak tau (kalo ini kereta khusus wanita-red)”.

saya sih sangat bersyukur dan berterima kasih pada PT KA yang udah menyediakan gerbong khusus wanita ini. karena meskipun gerbongnya cuma 2 per rangkaian, tapi lumayan bisa mengurangi peluang berdesakan sama cowok2, dan tentunya mengurangi resiko pelecehan. tapi sayangnya gerbong khusus ini cuma ada di ekonomi ac dan ekspress doang. padahal resiko pelecehan yang paling banyak itu ya di kereta ekonomi. cuma sayangnya, pelayanan PT KA untuk kereta ekonomi biasa dan kereta ekonomi ac+ekspress itu bagaikan bumi dan langit 😦 kereta ac dan ekspress jarang banget bermasalah, sedangkan kereta ekonomi seabrek2 masalahnya. mulai dari telat, rangkaian cuma 1 set (4 gerbong), jadwal dibatalin, mogok, dst..

anyway, ada sebuah pelajaran di gerbong khusus wanita pas pertama kali saya nyobain. di stasiun cilebut, ada ibu2 gendong bayi dan bawa satu anak kecil. semua tempat duduk udah penuh. nah inilah susahnya gerbong berisi cewek semua, gak semuanya mau ngalah utk ngasih duduk. ibu itu berdiri di depan tempat duduk seorang anak perempuan (kira2 usia 12 th). gak berapa lama, anak kecil itu spontan berdiri, mau ngasih duduk ke ibu itu. tapiii… ibu2 yg duduk di sebelahnya, yang tidak lain adalah ibunya, ngelarang anaknya berdiri dan sambil sedikit berbisik bilang, “udah, gak usah berdiri, repot nanti, capek sendiri kamu”. akhirnya anak itu duduk lagi. untunglah ada ibu2 lain yang ngasih duduk ke ibu2 yang bawa anak tadi.

pelajarannya, apa ya… hmm.. menurut gw sih, kalo anak kita (kita? elu kali sama orang cantik) pengen berbuat suatu kebaikan, ya jangan dilarang. kalo kasus di kereta itu kan timbang berdiri bentar doang. anak umur 12 tahun kuat lah berdiri, lagian bisa gantian sama ibunya. harusnya ibunya bersyukur, kecil2 tu anak udah bisa ngalah buat orang lain yang lebih membutuhkan.. hehehe…

Advertisements

14 thoughts on “kereta khusus wanita… horee

  1. gw di hari pertama salah masuk tau ning,,
    gw kan langsung duduk di gerbong 8,, terus langsung ditegor deh sama ibu2,,
    “mas,,mas,,,ini gerbong khusus wanita..”
    “..kalo mau masuk pake krudung dulu”
    hehe.. (kalimat yg kedua karangan gw)

  2. @kemal: ah masa sih.. sotoy ah kemal nih πŸ˜›

    @uchenk: ada chenk…. nah yg kaya gini nih yg sekali2nya naik kereta eko ac/express salah naik di gerbong khusus wanita πŸ˜› ~peace chenk

  3. hmm.. tapi gerbong khusus pria ga ad ya..

    kenapa ga dbagi skalian x grbng utk pria dan y grbng utk wanita dgn sblmny memastikan prbandingan penumpang pria dan wanita x:y, hhe..

    -numpang mampir mba..

  4. Saya baru tahu ada gerbong khusus perempuan. Saya jarang ke Jakarta naik kereta. Tetapi walaupun ada, saya juga tidak bisa mencobanya.

    Kereta ekonomi adalah kereta yang paling tidak diperhatikan, tidak ada perlakuan khusus padanya, bahkan diprioritaskan paling akhir kenyamanannya, harus mengalah kalau berbenturan dengan kereta bisnis atau eksekutif. Menurutku kereta ekonomi diadakan bukan untuk menjadi alat transportasi yang layak karena harga tiketnya terlalu murah, yang penting mengangkut penumpang sebanyak-banyaknya bahkan sampai ke atap walaupun dilarang. Jadi, wajar kereta ekonomi biasa tidak ada gerbong khusus perempuan. Masih mending kereta ekonomi AC ada walaupun itu ekonomi. Jarang-jarang kereta ekonomi ada penjaganya. Yang memeriksa karcis, laki-laki atau perempuan? Pedagang boleh masuk gak?

  5. betul2.. PT KA sepertinya terhadap kereta ekonomi itu “mengurus segan membuang tak mau”. haha.. gosipnya sih mau diilangin. tp begimana coba, kan banyak banget warga yg memerlukan sama kereta ekonomi itu.

    kl di ekonomi ac dan ekspress sih ga boleh ada tukang jualan, kecuali jualan koran.. kalo yang meriksa karcis di kereta khusus perempuan ttp laki2. kl yg jagain pintu biar ga ada laki2 yg masuk kadang laki kadang perempuan. katanya sih mau perempuan semua. cuma mungkin blm cukup jumlah petugasnya.

  6. Mau nanya sekalian, bus Trans Jakarta yang katanya mau ada yang khusus perempuan gimana perkembangannya? Kalau sudah ada dan pernah mencoba gimana rasanya? Saya ingin tahu, tetapi saya kan tidak bisa merasakannya. Jadi, saya tidak bisa menuliskan pengalamanku karena saya tidak berpengalaman. Mencoba saja tidak mungkin apalagi berpengalaman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s