sensasi mengejar mimpi (atau deadline ya?? hahaha)

Gw mo cerita aja ttg sensasi mengejar mimpi (atau deadline ya?? hahaha) *ditulis sesuai judul* yang gw rasakan kemaren pas mo apply beasiswa EM.

Dari dulu gw emang pengen S2 di luar negeri. Tentunya dengan beasiswa. Tapi gw pikir bisa ntar2, gak usah langsung setelah lulus, makanya gw blm nyiap2in toefl dll. Tapi gw ttp nyari2 info, terutama dari program yang gw incer sejak dulu, DMKM. Pengen sih apply, tapi apa daya kagak ada dana buat toefl..hiks2.. Sampe akhirnya pas ngobrol2 ma bokap, tersebutlah topik beasiswa S2 di LN. Dan akhirnya dimodalin buat toefl..hehehehehehehehe…

*masih saja merepotkan ortu*

Tapi.. saat itu udah kira2 sebulanan sebelum deadline si DMKM. Hmmm… mikir lagi.. masih sempet gak yaa… Belom ngurus translate ijazah dan legalisir transkrip, belum tes toefl, belum minta surat rekomendasi dosen, belum bikin motivation letter, dan parahnya DMKM minta deskripsi proyek/penelitian. Huaaaa… Gw bilang, taun depan ajalah cobanya. Tapi kata bokap, kelamaan kl taun depan.. Akhirnya coba menguatkan tekad lah. Terus gw nulis ini di status gw:

belum terlambat! toefl, letter2an, and the bla bla bla. seperti skripsi dan perjuangan2 sebelumnya, ayo ikhtiar sampai detik terakhir!!! [28 November 2009]

Sebenernya masih ada ragu2 jg.. Bener gak yah ini jalan gw? emang ntar gw mo jadi apa kl lulus S2? dan sederet pertanyaan lainnya. Tapi komennya mahen di status gw sangat membantu πŸ™‚

tentang pertanyaan “is it my way? do i really want it? do i deserve it?”, Mahen pribadi sendiri masih belum menentukan jawaban untuk diri sendiri. Sekolah lagi bukan berarti harus-wajib-kudu nantinya di jalur akademisi. Sekolah lagi kan memenuhi syariat untuk long-life learning. Bukankah begitu nasehat dari Qudwah Hasanah kita πŸ™‚

Hyaah.. betul. Tentunya bari jeung ngelurusin niat, perjuangan bermula.. Milestone pertama, toefl. Bingung daftar toefl apa kagak ya. Masalahnya mahal cing. Gw blm ada persiapan apa2. Sayang kalo nilainya gak cukup buat syarat daftar DMKM. Maju mundur mulu. Pas gw cek ets.org, ternyata cuma ada 1 kesempatan gw toefl yg hasilnya bs didapet sblm deadline DMKM, yaitu 12 Desember. Hasilnya bisa keluar tgl 29 Desember. Deadline DMKM 2 Januari. Kalo aplikasi dikirim via pos, jelas ga sempet. Tp untunglah aplikasinya disubmit online semua.. Masih ada kesempatan! Setelah maju mindur, akhirnya jadi daftar iBT deh. Dan ya, USD 165 telah dikeluarkan.. “The ship has been burned!” *kalo ga ngerti, baca cerita Thariq bin Ziyad pas mo naklukin Spanyol*

Karena 165 dolar udah dikorbankan, gw ga mo nyia2in kesempatan. Akhirnya belajar dari buku toeflnya cliffs. terus baru nyadar sekitar seminggu sblm tes, kl iBT tuh beda ama toefl yg dulu πŸ˜€ udah pinjem bukunya puspa sih yg Barron’s iBT.. enak belajar dr situ πŸ˜€ hehe. Sementara ngurusin toefl dl, ga mikirin syarat2 lain. tesnya tgl 12 Desember di CCIT Salemba. Beres tes toefl, udah gak selera mikirin beasiswa lagi.. hahaha πŸ˜€

Tapi karena sayang udah bayar iBT mahal2 πŸ˜› akhirnya terusin ngurus syarat2 berikutnya. Mulai dari translate ijazah, dll. Pas mo minta recommendation letter agak2 takut gitu gw..haha.. Emang dasar gw banyak mikir plus perfeksionis jg, begitu ngeliat template rec.letternya jadi jiper.. Cocok gak gw masuk program ini yah.. Tp akhirnya gw berhasil mengalahkan rasa takut gw dan minta 2 org dosen yg bidangnya IR.

Lanjuut.. buat motivation letter dan deskripsi proyek. Gw buat dengan sepenuh hati dah.. Sambil nunggu hasil iBT yang akan keluar 29 Desember. Parah kan gw. Gambling bgt. Kalo iBT gak cukup, buyar lah semua rencana. Tapi senang sekali krn ternyata score gw cukup buat apply DMKM πŸ™‚ Akhirnya tanggal 2 januari, pas deadline aplikasinya, berhasil deh gw submit aplikasi online gw.. πŸ™‚ Senang!

Gw gak terlalu mikirin lah hasilnya gmn. Gw udah cukup puas dengan gw bisa ngusahain sampe detik terakhir. Cukup puas karena gw udah ngusahain untuk mengejar salah satu mimpi gw. We’ll never know till we have tried. Gw udah nyoba, dan apapun hasilnya.. say alhamdulillah aja.. karena Allah udah ngizinin gw sampe sini πŸ™‚ Gw udah mencoba melakukan suatu hal yang tadinya gw pikir gw gak bisa! Asik lah boi rasanya πŸ™‚

Oh ya, terima kasih pada teman2 yang udah memberikan bantuan, dukungan, saran, tips, dll.. I love u full πŸ˜€

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s