Dieng Trip 2009

Lebaran kemarin tentu saja saya dan keluarga mudik ke Wonosobo, Jawa Tengah. Daaan.. akhirnya kami jadi juga jalan2 ke Dataran Tinggi Dieng (selanjutnya disebut Dieng), sebuah kawasan wisata di sana. Terakhir ke Dieng tuh kalo gak salah waktu saya masih SD atau SMP gitu.

Dieng sebenarnya terletak di 2 kabupaten, yaitu Wonosobo dan Banjarnegara. Tapi selama ini orang taunya Dieng itu milik Wonosobo. Kalo kata buku panduan sih, hal itu mungkin disebabkan karena jarak Wonosobo-Dieng yang lebih dekat, sekitar 26 km. Udah gitu sepanjang jalan itu banyak kawasan wisata jg seperti Kalianget, Telaga Menjer, dan Argowisata Tambi. Jadi mungkin kesannya sepaket gitu ya kawasan wisatanya.

Udah banyak yang berubah sejak terakhir kali saya ke Dieng. Positifnya adalah, kawasan wisata itu bener2 digarap dengan serius. Kalo dulu berkesan seadanya, sekarang pengelolaannya lebih baik dan bener2 menunjukkan Dieng sbg kawasan wisata. Masuk ke sana pake tiket terusan dengan 4 lokasi yang bisa dikunjungi: Telaga Warna, Dieng Theatre, Kawah Sikidang, dan Komplek Candi Arjuna. Harga tiket kl ga salah Rp 16.000 per orang. Terus dikasih buku panduan wisata yang bagus dan sangat informatif. Yang negatif adalah, kawasan Dieng itu sekarang kebanyakan coklat, gundul (meskipun masih ada ijo2nya jg). Pohonnya ditebangin buat dijadiin lahan nanem kentang.

Udara di sana gmn? Hmm.. dingin! Awas kecele, apalagi kalo naik mobil tanpa AC kan di dalem rasanya panas. Udah sotoy2 keluar ga bawa jaket, taunya setelah melangkahkan beberapa langkah aja mulai terasa dinginnya. Katanya sih 15 derajat (celcius) pada siang hari dan 10 derajat kalo malem. Tapi kalo bulan Juni-Agustus, katanya kalo siang jadi 10 derajat dan malem jadi 5 atau bahkan di bawah nol derajat. Jadi kalo pagi2 tampaklah embun2 beku kayak lapisan salju tipis di atas permukaan tanah.

Sekarang liat foto2 dan sedikit cerita aja tentang 4 lokasi yang dikunjungi ya..

Telaga Warna
telaga warna
Konon danau ini berwarna biru muda, hijau, dan merah muda. Tapi warna merahnya gak keliatan ya. Katanya sih telaga ini mengandung bahan mineral yang apabila terkena sinar matahari memantulkan sinar warna warni.

Dieng Plateau Theater
Di sini pengunjung bisa nonton film dokumenter tentang Dieng. Bagus! Dalemnya lumayan bagus, kayak bioskop mini. Kalo mau ke DPT, bisa jalan kaki dari telaga warna atau naik kendaraan lewat jalan raya. Tapi kalo mau jalan siap2 aja gempor.. soalnya jalannya naik. Anak tangganya aja ada seratusan! (udah diitung sama si ina). Sayang saya gak punya foto yg bagus di sini.

Kawah Sikidang

kawah sikidang

kawah sikidang

Konon kawah ini disebut Sikidang (si kidang, kidang=kijang) karena lokasinya suka berpindah2 kayak kijang. susah juga ngambil poto yang bener2 keliatan blubuk2 kawahnya, soalnya ketutupan asap terus. Untuk menuju ke kawah sikidang, perlu jalan dulu lumayan jauh. Mana bau belerangnya menyengat banget..

menuju kawah sikidang

menuju kawah sikidang

Komplek Candi Arjuna

komplek candi arjuna

komplek candi arjuna

candi lainnya di deket2 candi arjuna

candi lainnya di deket2 candi arjuna

Kawasan Dieng dikelilingi banyak gunung dan kawah dengan aktivitas vulkanik. Ada yang ngeluarin gas berbahaya segala. Makanya kawah2 ini terus dipantau oleh PusatVulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (kl ga salah namanya begitu..hehe). Bahkan beberapa hari setelah kunjungan saya ke Dieng, ada salah satu kawah yang “meledak”, menyemburkan isinya ke lahan2 petani sehingga katanya petani kentang harus segera panen sebelum waktunya.

Tapi insya Allah lokasi2 yg dibuka untuk wisata mah aman lah. So, ada yg berminat ke Dieng? ^^

dalam perjalanan dari dieng

diambil dr mobil pas lg jalan, kurang oke memang..hehe

4 thoughts on “Dieng Trip 2009

  1. franova says:

    wah..mau banget ning ke dieng..

  2. heningsept says:

    boleh tuh sm buat jadi tempat b*l*n m*d*.. wokwokwok😛

  3. barep says:

    lain kali kalo ke dieng ambil foto saljunya atau embun upasnya ya om

  4. heningsept says:

    lah gw dipanggil om😀
    kayaknya gak pernah bs ke dieng di waktu2 itu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s