ukhuwah itu ada :)

Trnyata dunia ni indah krn ukhuwah
Ada sapa dlm duka
Ada doa dlm ktakutan
Ada maaf dlm tiap khilaf
dan
Ada taujih dlm stiap pbaikan diri…

From: Mba Chandra
Date: 23/06/2008
Time: 21:20

Kalau kita mau menekan ego sedikit saja, berpikir lebih jernih dan berhati lebih lapang, kita akan sadar bahwa ukhuwah itu ada.. Sepi-sepi yang kita rasa, kesendirian yang kerap menyapa, mungkin hanya karena kita terlalu menarik segala sesuatunya ke dalam diri kita sendiri. Padahal manisnya ukhuwah bisa kita rasakan kalau kita mau memulai.

Memulai husnudzon pada saudara kita
Memulai tersenyum pada saudara kita
Memulai menyapa dan mengucap salam pada saudara kita
Memulai mendengarkan saudara kita
Memulai meringankan beban2nya
Memulai dan memulai merajut ukhuwah

Karena itu berarti diri kita sudah bertambah dewasa. Kalo kata Bu Kasiyah, deal with yourself first, then deal with others. Jika diri sendiri sudah “beres”, tentu tidak sulit untuk mulai “memperhatikan” orang lain. Kata Aa’ Gym, orang yang tinggi harga dirinya tidak akan minta orang lain menghargainya, justru ia akan menghargai orang lain. Bukankah teko yang penuh air akan bisa memberikan airnya sedangkan yang kosong selalu minta diisi?

“Mereka “melampaui” diri sendiri dan mulai bekerja pada “domain orang lain”. Mereka tidak mempertanyakan perlakuan orang lain kepada diri mereka. Mereka justru mempertanyakan perlakuan mereka sendiri kepada orang lain. Karena mereka “sudah selesai” dengan diri mereka sendiri”
(Anis Matta, “Riak Jiwa Sang Manusia”, dalam Tarbawi Edisi Spesial 2006)

Advertisements

4 thoughts on “ukhuwah itu ada :)

  1. erain406 says:

    bener banget tuh, mba hening
    jadi tersadar :’9

    iren link ya, hehe..

  2. leni says:

    betul banget itu ning,
    makanya saat waktu itu kita pada meributkan ukhuwah yang sepertinya tidak ada di antara akhwat-akhwat, gw jujur agak bingung..
    gw hanya mengangguk mengiyakan saja..

    padahal jauh di lubuk hati, bertanya-tanya apanya yak gak ada?
    karena diri sendiri merasa ukhuwah itu sudah ada kok..
    hanya saja persepsinya sepertinya berbeda..
    bagi leni, sudah cukup ukhuwah itu diartikan dengan
    “husnudzon pada saudara kita..”
    “mau memahami karakter saudara kita.. yang mungkin tidak semuanya bisa terbuka terhadap orang lain”
    dll..

    tidak perlu semuanya diceritakan tapi yang penting kita mengerti kebutuhan saudara kita itu dan berusaha membantunya sesuai dengan batas-batas yang saudara kita merasa cocok terhadapnya 🙂

  3. heningsept says:

    @Leni: heu… iya bu.. banyak faktor lain jg. kita kan beda2.. hehe

    @irene.. aku link jg.

  4. Betul, ukhuwah itu memang ada dalam kenyataan. Buktinya:
    http://muslimmoderat.wordpress.com/bukti-ukhuwah/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s