Jum’at

Kemaren adalah hari Jum’at yang luar biasa buat gw. Hari2 sebelumnya, gw merasa “gak enak”. Agak sedikit down, hati gak enak, ngerasa gak guna, bingung mo apa sih gw sebenernya…

Hari Jum’at pagi ini gw nyiapin mentoring A2I. Nyiapin materi, kuisioner, tulisan, dll dengan sadar dan dari hati. Didasari rasa sayang, karena gw pengen banget, adik2 mentee (dan gw jg) untuk jadi lebih baik lagi. So i just want to give the best to encourage them to study Islam and get closer to Allah. Lalu, sedikit demi sedikit terasa hati melembut.. terus melembut.. Hh.. sedikit lega..

Siangnya, mentoring A2I. Tadinya dah jalan ke Psiko untuk ikutan seminar ttg kanker serviks. Tapi karena tempatnya penuh, akhirnya balik lagi ke Fasilkom. Makan, shalat, baru A2I. Abis itu.. tambah lega lagi.. Makasih ya Allah.. I hope can get closer to them and accompany them in studying Islam and then becoming better person..

Setelah itu ke perpus, kumpul kelompok PPL. Haduh.. telat.. maap ya guys, and the supervisor. Lalu Adit si supervisor nunjukkin contoh codingan php dengan smarty. Slurp.. menggiurkan.. heheh.. Senang senang.. Dah lama gak ngoding begitu. Kayaknya menyenangkan. Gw nih kalo gak dipaksa ngoding gak bakal ngoding. Kalo udah terpaksa ngoding, baru deh diseriusin.. hehe. Jadi merasa ada harapan di tengah banyak tugas kuliah yang keliatannya membosankan.

Abis itu ke lab sama Leonny, mo ngerjain codingan model transaksi buat proyek PPL. Tapi biasalah.. sambil buka2 meebo, e-mail, dsb. Di inbox mail gw muncul sebuah e-mail dari ppi conference, dengan judul “acceptance”. Lho.. lho.. kok ada? Jadi ini adalah e-mail dari penyelenggara sebuah conference (liat di sini). Gw mengirimkan paper gw ke situ. Paper yang sama dengan yang gw ajuin buat mapres2an kok. Gw udah bilang ke mereka ni paper juga gw ajuin buat pemilihan mapres di fakultas gw. Terus pengumumannya kan disebutin tanggal 12 April, dan gw gak nerima e-mail apa2 dari mereka sampe tgl itu. Hiks.. agak sedih saat itu, apalagi gw berharap papernya diterima biar nambah semangat gw utk presentasi tuh paper di fasilkom pas mapres2an πŸ˜› Tapi ya sudahlah..

mungkin karena gw kirimin buat mapres2an juga..
mungkin isinya tidak terlalu krusial..
mungkin kurang bagus..
mungkin belum saatnya..

Lalu beberapa hari kemudian gw nanya ke Teh Laily, alumni Smansa yang lagi di Malaysia, dan ngurusin conference itu juga. Nanya apakah pengumuman paper yang diterima itu ada di mana gitu.. karena gw pengen tau paper yang diterima kaya apa. Terus dia bales, yang papernya diterima akan dikirimin e-mail. Hmm.. that’s it. Paper gw beneran gak diterima. Huh. Ya suw.. coba lagi kesempatan lain lah. Gpp, wong emang paper dadakan kok.

Eh, hari Jum’at ini muncullah e-mail itu ke inbox gw.. E-mailnya mah kagak ada isinya, cuma ada attachment-nya, Heninggar.doc. Pas dibaca, alhamdulillah.. ternyata isinya beneran acceptance paper utk dipresentasiin di conference itu… Waa.. sulit dipercaya!

Taukah kamu, satu tabel di CV Mapres yang gw pikir mustahil untuk gw isi adalah “Penyaji Makalah/Moderator Kegiatan Ilmiah Ekstrakampus” apalagi tingkat internasional. Dan ternyata sekarang gw mendapatkan kesempatan untuk mengisinya.. πŸ˜€ see, gak ada yang gak mungkin ya di dunia ini..

*Paper 11 mapres Fasilkom yang laen (Fasilkom idol kalo kata iLm@N) mungkin pada masuk semua kalo dikirim ke sana. Maaf ya temans gak ngasih tau kalian, gw juga baru memutuskan ngirim di hari deadline, itu juga karena disaranin ama Teh Nur. Jadi gak sempet ngabarin yang lain. Sebelumnya gw udah tau conference itu tapi gak ngeh sama sekali, cuek2 aja karena nganggep gak mungkin gw ikutan itu. Eh, Teh Nur bilang, coba aja! Ya udah gw coba.*

Rasanya.. keliatan banget bahwa Allah bisa aja ngubah sesuatu, membalikkan keadaan dengan mudahnya. Ini kayak suatu pemberian yang sengaja ditunda untuk diberikan di saat yang tepat. Mungkin saat gw udah bisa ikhlas, nerima bahwa paper gw gak diterima, barulah Allah tiba2 ngubah keadaan. Mirip ama cerita temen gw, Suci Biologi 2004 yang baru ikutan simposium di Vietnam. Papernya udah diterima tapi dia kesulitan biaya untuk pergi ke sana. Udah nyoba cari sana sini tapi blm dapet sampe H-2 keberangkatan. Ya udah, akhirnya dia pasrah, ikhlas kalo gak bisa pergi ke Vietnam. Eh, tiba2 aja dong, rezeki datang, ada orang yang ngasih bantuan dan akhirnya jadi berangkatlah dia ke sana. Subhanallah. H-2. Kalo Ust Rahmat Abdullah pernah bilang “di titik lemah ujian datang”, gw menyebut ini “di titik ikhlas kemudahan datang” πŸ™‚ Yap, di saat stuck ga ngerti mo ngapain, di situlah kita harus berserah diri pada Allah.

Maghrib tiba.. abis shalat maghrib gw nerusin model transaksi yang terbengkalai πŸ˜› terus pulang sebelum jam malam (peace bos!) Di stasiun ketemu T’ Ami. Gak lama kemudian kereta datang dan naiklah gw bersama T’ Ami. Alhamdulillah gak terlalu penuh. Di perjalanan pulang ini kita berdua dapet pelajaran yang berharga banget, kalo kata T’ Ami, “ternyata, di balik kesendirian gw.. masih ada yang lebih sendiri. Allah baik banget, ngasih contoh hari ini”. Yap, kita ketemu ama dua anak kecil yang dicuekin ibunya. Ibunya keliatan desperate banget. Mereka homeless people yang gak jelas mau ke mana, tidur di stasiun dan sebagainya. Ntar kalo sempet gw ceritain deh.

Intinya.. this is a great day.

Subhanallah walhamdulillah

4 thoughts on “Jum’at

  1. franova says:

    no comment.. πŸ™‚

    speechless πŸ™‚

    Selamat ya ning…:)

    Turut Kaget dan berbahagia πŸ™‚

    aduh…kebanyakan smileynya niy…sorry-sorry πŸ™‚

  2. kamal says:

    subhanallah, mantab banget. go international nih si hening.

    btw, ane juga ikutan lomba karya tulisnya tuh ning. ttg hubungan indonesia-malaysia. topiknya nyerempet2 ama yg di blog ane, yaudah dikembangin dikit trus kirim. mudah2an menang πŸ™‚

  3. Rhein says:

    HENIIINGG!!! SELAMAT!! sumpah keren banget! Gw dah ada feeling lu bakal keteriman saat lu cerita di millis itu.. Gw ikut seneng n bangga!! ^_^

  4. pedulipolitik says:

    selamat, Allah selalu mencintai kita, hanya kita yang selalu melupakanNYa

Leave a Reply

