Bukan apa2, bukan siapa2

Membaca kisah hidup orang2 yang hebat, kadang membuatku minder. Misalnya saja, saat baca buku “Matahari Tak Pernah Sendiri”, yang berisi cerita aktivitas para anggota Forum Lingkar Pena. Ada yang gak pernah berhenti nulis meskipun tulisannya dibilang gak bagus. Ada para TKW di Hongkong yang meskipun sibuk kerja jadi pembantu rumah tangga tapi tetep mau nulis, bahkan mereka ngirimin cerpen yang ditulis tangan ke Mbak Helvy. Ada yang gigih banget untuk mendirikan FLP di daerah meskipun kesulitan, dana minim, dan sebagainya. Tapi semangatnya itu loh.. gak pernah mati! Dan lihat hasilnya, sekarang FLP udah menerbitkan banyak sekali buku, novel atau kumpulan cerpen. Apa yang bisa diberikan dari itu semua bukan hal yang ecek2, tapi hal yang luar biasa. Tulisan itu bisa mengubah orang loh. Berapa banyak orang yang dapat hidayah lewat tulisan mereka. Berapa banyak ilmu yang mereka sebarkan lewat tulisan itu. Betapa para anggota FLP udah menebarkan cahaya dan kebermanfaatan untuk umat.

Lalu “membaca” kisah hidup orang2 di sekitarku. Ada yang shalih dan menshalihkan, hobinya ngajakin orang ngaji. Ada yang seneng banget mengembangkan kompetensinya di bidang IT. Ada yang supel banget dan bisa menebarkan kegembiraan kalau dia ada. Intinya, orang2 yang bisa memberikan manfaat untuk orang2 di sekitarnya. Yang adanya dia membawa pengaruh yang baik, dan tidak adanya dia membuat orang2 kehilangan.

Jadi merasa tidak berguna.. Selama ini banyak hal yang aku lakukan. Tapi rasanya hal2 itu tidak mengantarkanku ke mana2. Aku masih saja di sini dan merasa belum melakukan apa2. Belum maksimal. Atau kebanyakan kerjaan, sehingga -kalo pake analoginya chandra- bagaikan komputer yang diinstallin kebanyakan program, jadi lemot dan gak optimal.

Merasa bukan apa2, bukan siapa2.. mungkin lebih baik seperti itu daripada merasa hebat dan sudah melakukan banyak hal. Tapi satu hal, jangan kebanyakan dipikirin juga ning.. Kalau cuma dipikirin ntar beneran gak kemana2. Terkadang kau perlu mencontoh teman2mu yang ‘hajar bleh’ itu. Sedikit demi sedikit, lakukan hal2 yang bisa dikerjakan. Perubahan diri mutlak dilakukan, males2an dan kebiasaan menunda harus dibuang jauh2.

Bismillah..

Inilah saya, yang berusaha mewarnai dunia…

Advertisements

8 thoughts on “Bukan apa2, bukan siapa2

  1. pretty good. each people has it’s own way to enrich the color of life. even the stolidest people is also has the role to enrich the color of life. so don’t worry about the way another people choose to brighten the world. you should try to give a bright node on the entire color of life with your own way…

    ~klo ama camapres kudu pake bhs inggris nih 🙂 ngaco2 dikit gpp

  2. makasih ya smile, kamal…

    di satu sisi gw juga merasa udah menapaki jalan yang bener. Tapi di sisi lain, gw belum nemuin jalan di mana gw bisa bener2 ngasih manfaat buat sesama.. jalan yang gw banget gitu.. hehe.. do’ain ya

  3. ditunggu captain yg baik hati, rajin menabung, dan suka menolong..
    hehe…

    yg Hening jalanin ini udah bener koq..
    tinggal kita semangat aja buat membuat tulisan sejarah selanjutnya agar lebih baik lagi…

    semangat camapres kita…=p

  4. Taufik Ismail : Kerendahan Hati

    Kalau engkau tak mampu menjadi beringin
    yang tegak di puncak bukit
    Jadilah belukar, tetapi belukar yang baik,
    yang tumbuh di tepi danau

    Kalau kamu tak sanggup menjadi belukar,
    Jadilah saja rumput, tetapi rumput yang
    memperkuat tanggul pinggiran jalan

    Kalau engkau tak mampu menjadi jalan raya
    Jadilah saja jalan kecil,
    Tetapi jalan setapak yang
    Membawa orang ke mata air

    Tidaklah semua menjadi kapten
    tentu harus ada awak kapalnya….
    Bukan besar kecilnya tugas yang menjadikan tinggi rendahnya nilai dirimu
    Jadilah saja dirimu….
    Sebaik-baiknya dari dirimu sendiri

  5. ning… hajar bleh aja..
    cuek bebek dengan sekitar..
    lakukan banyak hal untuk ngembangin kompetensi diri dan membantu skitar..
    yang penting qt maju teruss… asl jgn nabraks, hehe

    smangat hening ^^
    i know u can do it

  6. indra, adit, leni.. makasiiiih..

    puisinya bagus yak

    Jadilah saja dirimu….
    Sebaik-baiknya dari dirimu sendiri

  7. lu itu, sobat gw the best! ^_^ jangan suka merendah, kalau kata gw itu kayak mendhzalimi diri sendiri. Diri sendiri itu sangat perlu untuk dihargai.. ^_^ miss u, Nienk..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s