Tips menjadi mahasiswa sukses

Pengen jadi mahasiswa sukses? Hoho.. jangan tanya sama saya bagaimana caranya. Tapi tanyakan pada orang yang udah “selesai” jadi mahasiswa, setidaknya satu kali (berarti lulus S1). Saya dapat tips2 tersebut dari blognya Pak Romi. Silakan baca di sini: http://romisatriawahono.net/2008/01/29/tips-menjadi-mahasiswa-sukses/

Hmm… di semester 6 saya di Fasilkom ini saya banyak berpikir… insya Allah lulus satu tahun lagi. Tapi, ah.. rasanya belom ada apa2nya yang saya lakukan di kampus ini. Terutama dalam hal keilmuan dan kompetensi inti Ilmu Komputer. Merenungi setiap semester yang udah dilalui, setiap mata kuliah yang udah dilulusi (hah, bahasa apa ini). Alhamdulillah, gak ada mata kuliah yang ngulang dan IPK pun terancam *you know*. Tapi.. menyangkut proses belajar dan penyerapan ilmunya, hmm.. mungkin nilai saya sebenarnya tidak sebagus nilai pada transkrip saya. Saya berpikir, emangnya output yang diharapkan setelah mahasiswa mengikuti suatu mata kuliah apa sih? Apakah setelah saya lulus mata kuliah tsb, saya bisa mengimplementasikan ilmu yg didapat dalam kehidupan nyata? Sesuai dengan perkembangan ilmu komputer dan teknologi yang ada sekarang?

Sekian banyak mata kuliah yang saya ikuti, tapi apakah saya benar2 menyerap ilmu yang ada pada mata kuliah tersebut? Jangan2 saya cuma sekedar duduk doang di kelas, ngerjain tugas, dan ujian sekedar untuk lulus? Sempat berdiskusi dengan beberapa teman. Memang tampaknya pendidikan di sini masih sangat padat dengan materi dan teori. Bebannya berat, tapi entahlah apakah benar2 terinternalisasi dalam diri si penuntut ilmu. Jadi inget, Pak Eko Indrajit sang Ketua APTIKOM pernah cerita, di luar negeri sana, ada suatu jurusan CS di sebuah PT yang memberikan tugas dalam suatu mata kuliah dengan kasus sungguhan. Ceritanya mereka disuruh buat sesuatu (gw gatau apa), intinya analisis suatu masalah beneran di perusahaan Boeing kemudian memberikan rekomendasi pemecahannya. Ternyata mereka disuruh presentasi tugasnya beneran di depan direksi Boeing. Asyig bangget ya. Emang kalo liat pendidikan di LN sana kayanya banyak praktek dan metode2 yg memacu penggunaan otak kanan, dan gak dijejelin dengan seabrek2 materi.

Kembali lagi ke tips menjadi mahasiswa sukses. Apakah saya ini mahasiswa yang sukses ya? Setengah2 kayanya πŸ™‚ Yang jelas kemaren saya baru mengisi blanko CV untuk pemilihan Mapres dan… uh, kok banyak banget yang kosongnya ya?? hehehehe….

Ayo, manfaatin sisa waktu yang ada untuk jadi mahasiswa dan (nantinya) lulusan yang bener2 sukses! amin…

14 thoughts on “Tips menjadi mahasiswa sukses

  1. bayuhebat says:

    mahasiswa oh mahasiswa….

    banyak yang gak ngerti sich fungsi mahasiswa

    pernah masuk kesatu pertemuan bisnis (maklum aku orang bisnis). pembicaranya mario rivaldi (pemilik betrix — motor listrix). sama pak Ujang Koswara (pengusaha rada gila). mereka bilang semua orang bisa kok jadi pengusaha cuman bedanya dengan yang lulus kuliah dia bilang cuman pengusaha yang lulus kuliah (berpendidikan) doank yang bisa bikin perubahan terhadap dunia co/ Bill Gates (kalo diliat dari sejarah hidupnya nich orang sama aja udah lulus S2) ama Thomas Alva Edison (pendiri GE — perusahaan paling besar saat ini).

    bahkan kata dosen saya temennya dia ada yang menyelesaikan masalah orang dengan konsep ilmu komputer (metodenya lupa cuman metodenya menyebabkan jaringan gak kolisi). ehmmm keren juga

    Menurut gua ada dua hal
    1. Lulus pada waktu yang tepat
    2. lulus premature (mo kecepetan ato terlambat sama aja yang pasti dia gak punya skill buat ngadepin dunia).

    Yang penting konsep2 yang pernah didapet dikuliah harus bisa diaplikasikan dalam kehidupan bukan hanya dalam pekerjaan tapi dalam kehidupan sesungguhnya

  2. kamal says:

    laen dah calen mapres kita yg satu ini πŸ™‚

  3. Hidup mapres Fasilkom 2008…
    Hidup Hening…! :mrgreen:

  4. Sidicx says:

    Assalamualaikum…

    kunjungin blog gw donk ning,,ada tulisan yang bisa ngejawab pertanyaan lo yang kemaren….

  5. suaracahaya says:

    allo hening….
    tulisan2mu selalu mencerahkan πŸ™‚
    tetep smangat ya…!

    kapan nih nulis bareng2??
    ajarin aku nulis donx πŸ˜€

  6. Indra says:

    calon mapres kita hebat euy,,
    semangat ya Hening…=p

  7. heningsept says:

    @a’bayu: wuah.. businessman… betul.. yang udah didapetin di kuliah harusnya bisa dipake buat ngasih manfaat ke orang banyak.

    @kamal, agung: astaghfirullah.. bapak2 ini.. do’ain aja lah utk yg t’baik ya..

    @sidicx: wa’alaikumsalam. udah dikunjungi.. πŸ˜€ ttp semangat!

    @suaracahaya: beuh, teh nur bisa aja.. harusnya hening yg minta ajarin. yuk teh, kt nulis bareng yah suatu saat nanti..kita guncang dunia dgn tulisan kita! wahaha.. apaan sih ning.. tp bener loh teh.. siapa tau kan 2 akhwat ilkomers ini bisa memberikan sesuatu lewat tulisannya.. ;P

    @indra: jangan begitu chamatz… tp makasih semangatnya πŸ™‚

  8. Vriel says:

    @MG Z cmu zkzs d msa y9 can dtg…
    btw doa’n Vriel jg y,biar cpt tamt n skzz ky kmu

  9. Nurul says:

    Mahasiswa bisa sukses, apabila mau belajar dari Alumni yang lebih dulu Sukses.

    Mahasiswa adalah pencipta pekerjaan (enterprenuer) bukan pencari kerja. Sukses untuk Mahasiswa Indonesia

    Salam, N
    http://www.network-dbc.com

  10. heningsept says:

    @Vriel: iya, makasih. smg sukses

    @Nurul: betul mbak, itu salah satunya. Haha.. setuju! tp nyari kerja dulu gpp juga sih.. smg gak stuck kerja terus ampe tua πŸ˜€

  11. irfan_ppns says:

    wuih..,,,
    ceritanya bagus ya..,,,
    terima kasih atas semuanya..,,

  12. hadi sofian says:

    Hallo.. Mahasiswa jangan coba-coba menyerah tuk jadi yang terbaik, klo lho semuanya nyerah kacian dong Nasip ortu, diri sendiri, N ilmu yang kita miliki. kalo ga diamalkan kan dosa. NEVER GIVE -UP KEEP FIGHT

  13. odigusviyan says:

    majus terus!!!

  14. ai setiawan says:

    (y):*,(y) β€Žβ€‹β€‹β€Žβ€‹β€Žβ€‹β€Žβ€‹β€Žβ€‹β€Žβ€‹β€Žβ€‹β€Žβ€‹. OkΓ₯Γ₯Γ₯Γ₯Γ₯Β₯βˆ™βˆ™βˆ™βˆ™βˆ™β–Ί  β€Žβ€‹ β€Ž
    . ` . OkάάάάΒ₯βˆ™βˆ™βˆ™βˆ™βˆ™β–Ί 
    . _/ )_ . ({})({})({})({})({})({})({})({}) ε›½ siap deh tkxz bwt saran ea…

Leave a Reply

