Maluuuu

Pada hari Sabtu tanggal 1 Maret kemaren gw dateng ke Aula Setyaningrum Pusgiwa. Ngapain? Hooh.. rupanya ada Seminar PKM & LKTM yang diadain sama BEM FISIP UI, sebagai salah satu rangkaian acara mereka yaitu LIMAS UI. Sebenernya udah cukup banyak acara training atau seminar PKM LKTM yang gw ikuti, tapi gatau pengen lagi pengen lagi😛 Pengen dapet ilmunya bok. Ternyata seminar yang gw ikuti hari itu adalah bagian kedua. Bagian pertama udah diadain minggu kemarennya dengan acara pemberian materi dari para pembicara seperti Mbak Lina dll. Dan yang bagian kedua itu isinya adalah sesi presentasi dari mahasiswa yang udah punya topik n mau maju LKTM atau PKM. Pas gw dateng, lagi ada satu orang yang presentasi, siapa dia gw gak kenal. Tapi setelah orang tersebut, yang maju berikutnya adalah Salman Fasilkom 2006 beserta dua orang anggota timnya yaitu Dewi FKM 2006 dan Luay Habibi Fasilkom 2007.  Subhanallah Bung Salman dkk, keren sekali. Mereka pun mempresentasikan idenya, dan kayanya sih udah cukup matang tuh idenya. Tinggal solusinya yang menjadi inti dari LKTM mereka belum dieksplor lagi karena ada masalah kehilangan data, katanya.

Berikutnya maju lagi seorang mahasiswa FKM yang punya ide tentang mangrove untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir. Lalu ada anak Elektro yang punya ide tentang detektor korona pada gardu listrik — ternyata ini udah mereka ajukan buat PKM dan udah diterima. Ada juga anak Biologi yang punya ide tentang rosella -teh merah- untuk obat suatu penyakit. Apa lagi ya… yang gw inget sih itu.

Subhanallah… keren2 euy..  Mereka begitu menguasai ilmunya dan punya keinginan untuk mengembangkannya. Yang kayak gini nih yang namanya mahasiswa UI seharusnya. Kalo semua mahasiswa UI punya semangat kaya gini, punya keingintahuan yang tinggi dalam mengembangkan ilmunya sebagai bentuk kontribusi buat masyarakat, UI sebagai Research University bukan omdo* lagi deh!

Gw jadi maluuuuu… Udah tingkat tiga.. Apa kontribusi gw buat masyarakat dengan ilmu yang gw punya? Sejauh mana gw udah mengembangkan ilmu gw? Lewat riset, lewat tulisan2 ilmiah? Kuliah aja gw masih males2an, kalo ada materi yang susah aja gampang nyerahnya. Bagaimana ini..

Lalu setelah acara itu selesai gw pergi ke Fasilkom. Di Fasilkom lagi rame soalnya lagi ada acara CGT — Computer Get Together. Ada parade band, pemberian penghargaan2, stand tukang jualan, lomba2 di pagi harinya.. Gw pikir acaranya cukup menghibur, apalagi mahasiswa-dosen-orang kantin-janitor ngumpul semua sebagai keluarga besar Fasilkom — meskipun gak semuanya. Hiburan emang perlu — terlepas dari keyakinan masing2 ttg hiburan apa yang diperbolehkan dan apa yang tidak. Itu salah satu cara berekspresi dan mengeluarkan isi hati. Apalagi buat anak Fasilkom yang sehari2nya udah dibuat stress ama kuliah n tugas yang seabrek2 (Fasilkom, gile aje! Bikin stress mahasiswanye! *persembahan 2007 dengan nada Fatime jande mude*). Tapi, alangkah senangnya ya kalo partisipasi mahasiswa Fasilkom dalam kegiatan riset dan ilmiah bisa serame partisipasinya dalam CGT dan acara2 hiburan lainnya🙂 Dalam LKTM misalnya. Atau Imagine Cup, PKM, Mapres, dll..

Pengen deh.. ikutan riset2an.. Tapi suka minder karena kadang ogah dan ga ngerti ama matematika2an. Padahal riset CS banyak pake matematika. Ya masih bisa sih riset di bidang IS misalnya. Tapi… jadi nyesel gak ngambil Natural Language Processing atau Machine Learning semester ini. Awalnya takut gak bisa, takut keteteran karena pas kuliah Sistem Cerdas aja gak bener2 maksimal nyerap ilmunya.  Ternyata itu suatu pemikiran yang salah. Siapa tau gw malah bisa jadi banyak belajar, nemuin hal baru dan memikirkan banyak improvement? Haah… sesal kemudian tak berguna.. Makanya jangan banyak takut2an ya… fight more, fear less, katanya mah🙂

* omong doang

7 thoughts on “Maluuuu

  1. franova says:

    wah…

    tetap semangat mba..
    kalau situ malu, apalagi smile..🙂
    anyway,, terus berkontribusi untuk kemajuan ummat.

  2. farisfar says:

    Wah…kemaren padahal pengen banget ikut acara itu…
    sayang ada halangan, he3x

    fight more, fear less..
    fear less, fight more aja nulisnya biar lebih semangat.!!🙂

  3. Indra says:

    Captain Hening…
    jgn menyerah dunks…
    ayo semangat…
    khan captain selalu membimbing saya…hehe..:)

  4. Ning, ning….
    minta resumenya donk…
    saya g tau isinya LKTM itu harus apa aja.
    Tengkiu feri mach.
    www

  5. kamal87 says:

    imagine cup gak jadi ikut ya ning???? LKTM ikut gak?

  6. heningsept says:

    @franova, faris, indra: makasih..
    @agung: ada di suatu tempat yg saya sebutkan kemaren. ambil aja dari situ, okeh?
    @kamal: kagak mal. LKTM, niatnya sih ikut…

  7. maruli ferriolan says:

    HIDUP MAHASISWA

    PERKENaLKAN saya maruli dari BEM UNIVERSITAS PALANGKARAYA
    Jabatan saya adalah DIRJEN MEDIA DAN KOMONIKASI

    SEKALI LAGI HIDUP MAHASISWA

    Hello sobat² perjuang salam kenal, dengan pernuh keberanian sebagai mahasiswa yang kritis sapatutnya lah menuntut ilmu setinggi langit bila perlu sampai kelangit negeri musuh.
    Persahabatan adalah hal yang INDAH, oleh karena itu lah saya memeberanikan diri menyapa teman² mahasiswa di sana dengan harapan dapat di terima salam persahabatan ini. kiranya kita dapat saling bertukar pikiran atau berbagi pengalaman supaya serikatnya rasa persahabatan yang kental.
    SALAM DARI BEM UNIVERSITAS PALANGAKARAYA

    President BEM

    FREDDY SIMAMORA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s