Musibah

Kalaupun suatu saat seseorang harus kehilangan dompet di kereta dan merana karena gaji pertama dalam hidupnya raib begitu saja.. itu berarti dia sanggup menanggungnya.
Kalaupun suatu saat seseorang harus terbaring di tempat tidur dan menanggung sakit di sekujur badannya.. itu berarti dia sanggup menanggungnya.
Kalaupun suatu saat seseorang harus kehilangan orang yang dicintainya, tumpuan hidupnya, sebelah kaki dalam perjalanan hidupnya.. itu berarti ia sanggup menanggungnya.

Semuanya sudah dijamin dalam laa yukallifullahu nafsan illa wus ‘ahaa, Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya (Al-Baqarah : 286).

Bagitu juga dengan semua yang gw pikirkan, semua yang gw khawatirkan tentang gw. Kalaupun gw harus begini.. begitu.. itu tidak lain karena Allah menetapkan gw sanggup menanggungnya. Maka yang harus gw lakukan adalah tidak berhenti bersangka baik terhadapNya.

Beberapa hal mungkin sering membuat kita pesimis. Kekurangan diri sering membuat pesimis. Tapi di sini, sekarang ini, kita tak akan pernah mendahului nasib kita. Pesimistis, tak lebih dari sikap takabur mendahului nasib (Sang Pemimpi, Andrea Hirata).

🙂

13 thoughts on “Musibah

  1. franova says:

    udah baca sampe mana ning?

    bagusan mana yang pertama atau yang kedua?

    tambah satu lagi ayatnya nih…
    2.214. Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.

    semoga bisa melewati ujian dengan hati yang lapang…

  2. patrya says:

    i love this post! thanks hening!

  3. kamal says:

    smile ngomong ttg apa si? ini resume buku ya?

  4. ikpoe says:

    wah hening nyusul saya, bacanya…
    @franova pinjem buku keduanya yaa!!!

    i love this post to….:)

  5. ditunggu post yg lainnya

  6. heningsept says:

    @smile: sehari setelah lu pinjemin itu udah beres ampe edensor, smile.. TOP abis dah! hehe.. ntar ya balikinnya.. bagusan ya mana ya? bagus smua deh pokoknya..
    Bener bgt tu.. “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat..
    Bener kata ust. Yusuf Mansur, yg namanya masalah tu kalo kita jauh dari Allah.

    @Patrya: you’re welcome pat..

    @Kamal: bukan, ini bukan resume buku. Cuma quoting salah satu statement aja.

    @Ikpoe: iya nih.. saya udah beres ampe Edensor.. hehe

    @Bondan: oke.. insya Allah

  7. bayuhebat says:

    waweawawawa

    lagi kehilangan dompet?? bagus juga blognya buat pengumuman hehehehe.

    Kalo aku sich kalo kehilangan sesuatu ya dicari (wajar ^^) tapikalo gak ketemu ya di redoin jadi sedekah. heheheh kan 1 jadi 10 – 700 (adakah perniagaan yang lebih hebat dari ini). jadi kalo gaji ilang tar jadi banyak (kali aja naek pangkat ^^)

  8. heningsept says:

    @bayu: sok tau..😛 siapa juga yg kehilangan dompet.. itu kan cuma ilustrasi doang.

  9. franova says:

    @ikhlas: boleh klas…ning, langsung kasih ikhlas aja..

  10. scratchz says:

    hoho,, blog walking neh,, lam kenal.
    tau ga? aku juga gi baca sang pemimpin (andrea hirata),, mantap deh,,,
    see u ^^

  11. Sidicx says:

    @ atas gw: bukan Sang Pemimpin kali Mbak…Sang Pemimpi…hehehe…

    betul banget tuh ning, yang penting selalu berprasangka baik sama Allah.

  12. heningsept says:

    @scratchz (beuh, susah amat si namanya): lam kenal juga.. anak STT Telkom ya? iya tuh… kelebihan “n” di “Sang Pemimpin”.. hehe..

    @Sidicx: wah, nangkep aja.. gw aja a nyadar..
    Tuull..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s