kehilangan semangat hidup

waks… serem banget ya judulnya.. Tapi nggak sedikit kan orang2 yang pernah ngalamin itu. Termasuk gw.

Aneh banget mungkin rasanya… saat lu merasa kehilangan motivasi, sedangkan kalo lu inget2 masa lalu, lu menemukan diri lu adalah seorang yang sangat bersemangat. Tapi itulah hidup. Menerima kenyataan bahwa sekarang gw lagi kurang semangat hidup adalah bagian dari pemecahan masalahnya. (Dalam Artificial Intelligence, perumusan masalah adalah setengah dari solusi.. hehe.. sotoy..)

Yah.. pertama, definisikan dulu apa masalahnya..Β  Misalnya males kuliah, males makan.. πŸ˜› Cari tau apa sebabnya… Trus inget2 lagi deh tujuan hidup kita. Inget tujuan dari apa yg sekarang kita lakukan. Misalnya, ngapain gw kuliah, ngapain gw ikut organisasi, dll.Β  Kalo lupa ingatan, penting juga untuk minta tolong ke temen deket, untuk ngingetin lagi tujuan kita -apalagi kalo dia punya visi yg sama.

That simple?

Nggak sih…

Sebagaimana proses kesembuhan seorang pasien amat bergantung pada semangat n keinginan pasien tsb untuk sembuh, begitu juga dalam kasus kehilangan semangat hidup. Kalo dia bisa nyari2 kegiatan bermanfaat, menyibukkan diri dengan hal2 bermanfaat, berinteraksi dengan orang2 baik, mungkin itu bisa menjauhkan dia dari subjektifitas pribadi, dari pikiran2 dia sendiri, dari cara pandangnya terhadap dunia dan hidupnya yang saat itu mungkin sedang salah. Dan begitulah..terkadang kita hanya butuh second opinion untuk merasa lebih baik. Ya, terkadang kita butuh temen untuk menyadarkan bahwa kita baik2 aja loh.. hidup kita baik2 aja.. cuma kita aja yg lagi salah make kacamata. (kacamata utk memandang dunia)

Dan yang paling penting… dekatkan diri sama Allah. Everything will be just fine

~Tidak selalu menemukan seorang teman di samping gw, tapi selalu ada orang baik yang bisa jadi teman bicara. Hehe.. thanks, people..

32 thoughts on “kehilangan semangat hidup

  1. Yah sih aku juga pernah ngrasain itu, ketika aku tak tahu apa yang harus aku lakukan hari ini dan esok… tetapi setelah aku pikir-pikir, ternyata apa yang aku pikirkan selama ini tidak pantas aku pikirkan, dulu waktu kuliah aku ingin jadi statistikawan atau bekerja di perusahaan besar.tapi ketika aku dihadapkan pilihan yang sulit…aku dipaksa oleh orang tua untuk jadi Guru, awalnya aku berontak!!! aku sering melamun, Tuhan ini bukan keinginanku…Tapi sadar ato tidak ternyata lambat laun aku sadar kok!!!betapa apa yang disarankan orang tua adalah terbaik, maka aku langsung ambil kuliah akta 4 setelah lulus untuk melengkapi persyaratan menjadi pengajar. sekarang aku masih kuliah akta 4, alhamdulillah 1 bulan lagi kelar.dan kini, rencana baru ini!!!sangat indah bersemayam… betapa apa yang kita punyai walaupun sedikit akan bermanfaat ketika kita memberikan kepada orang lain…aku bangga punya cita-cita menjadi pengajar!!!apa lagi aku masih muda baru lulus November 07 kemarin… Alhamdulillh!!!taun ajaran baru nanti aku dipercaya untuk mengajar Studi matematika di MTS daerahku…Maka, tak pantas ketika kita kehilangan semangat!!!sungguh tak pantas, kita bisa melakukan perubahan dalam hidup kalo kita mau, ketika kita merasa tidak berharga atau sejenisnya. hiduplah dengan positif, maka kita akan dapat hasilnya…Indah loh!!! maka sikap pesimis, tak semangat itu adalah penyakit, bahaya kalo berlarut-larut… layaknya sebuah grafik, dia kan turun lambat laun dan drastis… maka selamat datang kehancuran hidupmu… semangat sobat!!! Buat Mimpi-mimpi dalam hidup, dan lakukan agar mimpi itu menjadi kenyataan, setidaknya kita akan melakukan usaha untuk mimpi-mimpi itu…………………………………

  2. perumusan masalah adalah setengah dari solusi.. >>> setujuuu!!! hehehe….
    soalnya gimana mau bikin solusi kalo masalahnya aja gak terdefinisi, atau terdefinisi, tapi tidak mau diakui… πŸ™‚ salam -japs-

  3. semangat hidup,.skrng idup gw sdang dihantui penyesalan,.gw memiliki karir impian,.stelah stahun smua energi kukerahkan akhrnx akhr th 2008 aku brkesempatan mewujudkan impian itu dg menyisihkn ratusan kandidat,.malangnx disaat smua brjalan sesuai harapan ,tdak ada dukungan dr skitar gw,.aku gamang dg opini2 org2 dskitar gw dan melepas karir yg menjd impian gw,BODOH BIN TOLOL kan,skrng usia menjd penghalang buat mengulang usaha gw meraih karir itu,.penyesalan,benci diri sndiri cz ketololan gw saat itu sulit bnget lepas,gw jd berubah,ga smangat krja,g smangat bcara,dan membenci org2 sktar gw,,gw mrasa org2 tsb puny andil kuat dlm memelencengkan pikiran gw,wlo gw sadar merka cuma beropini dan gw tetep decision maker,.tolol bnget gw yg ga punya sikap,gw benci diri sndiri,.buat pembaca gw punya saran ,jika loe punya mimpi dn trwujud jng minta pertimbngan dg org laen bsa bsa kmu bsa trpengaruh,.tetep percya pada dirimu dah,,udah gw mw melamun dulu.,

  4. Semangat hidup kita harus di perbaharui setiap saat, ……………. agar hidup yang kita jalani menjadi indaahhh πŸ˜€

    SemangaTTTT …!!!!

  5. wetz….!!! gw juga sekarang g ada semangat hidup aku malah malu ama diriku.boleh g aku minta masukan-masukanx.thx

  6. y emang ngunu kui lah urep, kadang semangat kadang tidak. tetapi yang paling penting jangan pernah membiarkan keputus asaan berlarut. saya setuju bahwa kita akan bisa melupakan hal yang membuat kita patah semangat dengan menyibukkan diri dengan hal-hal yang positip..n bergaul ama orang-orang baex tentunya…dan yang paleng penting adalah selalu ingat Allah niscaya kamyu-kamyu akan tenang hatinya

    satu bulan kemaren aku juga mengalaminya tapi aku mendapat saran dr sobat baex aku untuk menyibukkan diri dengan hal2 yang positip.

    Makkkk nyossssss…… sekarang udah agak lega n bsa lebih semangat lagiii

    SEMAAAAANGAAAAAAAAAAAAAAAAAT…..!!!!!!!!

  7. kenapa aku bisa buka blog ini? yups, karna sekarang aku lagi gak semangat, bener2 gak semangat malah. mungkin aku yang kurang menyadari arti hidup, jadi terkadang aku menganggap banyak yang salah dengan aku dan sekitarku. melihat kasusku, mungkin yang perlu diperbaiki adalah sudut pandang aja. bagaimana memandang sebuah permasalahan, bagaimana aku menilai diriku sendiri dan yang terpenting bagaimana aku memandang hidup. jadilah diri sendiri dan yakin segala sesuatunya akan baik-baik aja…

  8. saat ini gw lagi butuh asupan2 nutrisi yg bisa bikin hidup gw kembali bergirah…!!akhir2 ini gw banyak ngabizin hari2 gw di perjalan..!!!
    gw sadar hidup gw lagi hancur saat ini!!gw uda gk ada semangat hidup…!!hidup gw hampah…!!!please help me…

  9. Aq buka blog ini dengan tujuan mndapatkan masukan2, paling tidak kalimat2 yg bs bikin aq jd semangat jalani hidup. Akhir2 ini aq jenuh ma hidupku yg monoton . . . Jenuh kerja, jenuh ma org2 sekitar n jenuh ma aktifitas ku. Ya kl dah gitu mnding mati aja kali ya, hehe . . .
    Tp aq bkn tipe org yang menyerah dengan perasaan ku sndiri, makany aq buka blog ini dan brharap bs bertukar pikiran dengan kalian.
    Karena aq yakin tiap org pasti prnah merasa kehilangan semangat dlm hidup mereka, mgkin hanya faktorny aja yg berbeda. Thanks

  10. Ass.sy seorg gdis usia 32 th saat ini sy kehilangan smgt dlm hdp itu diakibat kan krn usia yg blm menika dan susah nya mendpt pekerjaan sy slalu mrs tkut klu hdp sy begini trs sperti tdk ad hrpn apakah solisa atau jwban dr kegelisaan sy

  11. @mba lulu: insya Allah jawaban dari itu semua ada di Allah mba.. kalo kata ustadz (aa’ gym, yusuf mansur, dsb) kita harus banyak tobat, mendekatkan diri sama Allah.. karena semua itu terjadi atas izin Allah dan Allah jg yg menguasai segala di alam semesta ini. ada sebuah hadits yg blg bahwa takdir dan do’a itu bertarung di langit. jadi, kalo ingin merubah sesuatu insya Allah bisa dengan do’a, sambil gak lupa menjalankan yg menjadi bagian kita jg: ikhtiar.

  12. sayang nya stadium “kehilangan semangat hidup” saya sudah teramat parah hingga taraf membenci tuhan,segala saran masuk telinga kanan keluar telinga kiri. ada kah sesuatu yang bisa membuat semangat hidup saya kembali???

    masalah saya cuma 1 tidak bergairah lagi melakukan apa2 setelah patah hati 7tahun yg lalu. tq

    • Mau berubah ga? Klo mau berubah ya letakin dulu beban pikiran itu (beban patah hati) jgn dibawa-bawa capee tauu. Coba terus melangkah tanpa mikir (no many mind = kyk film Last samurai). Jalanin aja biarkan roda berputar nanti episode perjalanan kita yg bakal nyembuhin sendiri. Jgn lupa do’a ama Tuhan^^

  13. kl segala macem nasehat udah ga mempan, coba aja hipnoterapi. mungkin aja diubahnya dari alam bawah sadar gitu.

  14. aq gx tw dmn lg aruz yg membawa q perg!..aq hnya pasrah d9an apa yg sudh allah gariskn pd q…bkn untx mnyerh n ptuz asa…aq hrz sm9at untx menatp dunia q…dunia d9n tmen2 q yg sll ada buat aq…keluarga yg tak pernh brhenti d0,ain yg terbaik…n sll n9ash m0tifas!..aq tx akn men9ecewakn mereka…hrz,y aq kyax gtu….sm9at!!!

  15. wah ternyata di sini banyak yg curcol.. hehe

    smg yang lg kehilangan semangat hidup terus nyangkut di sini dari hasil googling bs dapet semangat baru lagi ya! semangat \(^-^)/

  16. bagi orang tua seperti aku (sudah tidak bekerja) masalahnya agak berbeda. Anak2ku 2 orang, keduanya bekerja diluar negeri,istriku 3 hari dalam seminggu harus menjaga ibunya yang sudah tua. jadi aku merasa sepi. apa harus ada kegiatan agar dapat merasa berguna ?? adalah jalan keluarnya supaya semangat hidup bangkit kembali

    • wah Pak Hendro keren sekali! suka internetan ya Pak?
      betul2, kalau menurut saya sebaiknya Bapak cari kegiatan, misalnya berbisnis kecil2an, atau mengajar TPA/anak2 kecil/bapak2 di sekitar rumah, atau ikut serta dalam kegiatan RT/RW.
      semoga semangat terus menambah amal Pak πŸ™‚

  17. setelah dpt nasehat dan kekuatan ada lagi mungkin untuk sesaat semangat hidup tu bisa kembali tapi setelah itu bagaimna??
    perasaan akan kembali ketika kejenuhan itu timbul lagi dan tak ada lg yg bisa membuat kita semangat karan apabila berulang-ulang kali dilakuklan oleh seseorang..

  18. kehilangan semangat dan galau adalah penyakit ku yg sering kumat… πŸ˜€ n mmng betul dengan mengingat tujuan hidup kita n minta saran tman bisa sangat mmbantu… salam kenal blognya bagus πŸ™‚

  19. Gw sebenarnya org yg percaya Tuhan. Tpi akhir2 ni gw jd org yg g perduli artinya Tuhan.

    Alhasil, pcar gw diambil teman gw. Dan bisnis gw yg sedang bergairah jd gw tinggal karena ya..gw bisnis buat nyenengin dy. Dan dy selingkuh gara2 gw g ada waktu buat dy.

    Gw jd hancur. Gw bingung,

Leave a Reply

