Oh, biaya kuliah… oh, pendidikan…

Taun ini, seperti tau kemaren.. gw ngikut membantu anak2 Adkesma (Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa) untuk ngebantuin mahasiswa baru (maba) yang ngurus beasiswa. Seperti yang udah lu tau, uang pangkal masuk Fasilkom adalah 25 jeti.. (hiks..)

Gw baru ngerasain.. gimana pusingnya orang tua mikirin biaya segede itu. Padahal penghasilan pas2an. Padahal dia pengen anaknya bisa mengenyam pendidikan di UI. Padahal dia pengen anaknya lebih pinter dari dia..
Selama ini gw mikirnya, ya meskipun gak mampu, tenang aja lah, kan masih ada beasiswa.
Tapi nggak juga.. banyak juga orang tua yang udah gentar duluan pas denger “25 juta”.

Tenanglah bapak2 ibu2.. Bapak Rektor sendiri udah menjamin gak akan ada mahasiswa baru yang gagal masuk UI karena gak punya biaya.

By the way.. sering banget gw denger kalimat2 “Pendidikan cuma buat orang kaya” atau “Orang miskin gak boleh sekolah/kuliah”..
Segitunya ya pendidikan di Indonesia.
Denger2, amanat Undang2 untuk menganggarkan 20% APBN untuk pendidikan belum pernah tercapai. Denger2, guru2 yang mergokin kecurangan UAN pada dipecat atau dikurangin jam ngajarnya. Denger2, ada sekolah yang narikin biaya sumbangan pendidikan di atas batas yang ditentukan..

Gitu banget sih Indonesia.. sakit banget ni bangsa..
Kenapa? Masih cinta lo ama Indonesia?

Hmmm… (ngikutin kemal)
Kalo gw sih… ya.. masih.. Dan insya Allah cinta itu berarti keinginan untuk terus bertekad dan berusaha memperbaiki negeri ini.. Berusaha untuk ngasih sesuatu yang bisa jadi bagian dari solusi.. Bukan untuk mengeksploitasi kekayaan negeri, atau memperkaya diri di atas penderitaan orang lain.

Bentar lagi tujuhbelasan nih. Bikin apa gitu yuk.. Jangan balap karung atau makan kerupuk lagi…

Advertisements

One thought on “Oh, biaya kuliah… oh, pendidikan…

  1. Darth Verocious says:

    hmmm, bener tuh ning…

    kata si ican sih, gara2 sby juga ngorupsiin APBN buat anggaran pendidikan cuma 12 % doank 2-3 kali

    hmmm, dosa…sungguh dosa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s