Mentor2 ajib!

Beberapa hari lalu ada acara simulasi mentoring, salah satu rangkaian acara sekolah mentor dari Salam UI. Pesertanya, alias para calon mentor dibagi ke dalam kelompok yang tiap kelompok isinya sekitar 10 orang. Dalam kelompok itulah diadakan simulasi mentoring. Setiap orang dapet giliran jadi mentor. Saat satu orang jadi mentor, yang lain jadi mentee dengan peran yang berbeda2. Ada yang semangat, tidur2an, kritis, suka ngobrol, ketus, dll..

Asik juga lho bikin simulasi mentoring kayak gitu.. apalagi mentor2nya ternyata garelo pisan euy.. pada menghayati peran semua.. masa pas ditanya mentornya, ada yang selalu jawab “justru itu yang mau saya tanyain ke kakak”, atau ada yang terus2an nanya “kak, kapan selesainya sih?”, atau pas ditanya “coba, suka liat TV gak? kan ada bla..bla..bla..” malah jawab “boro2 TV kak, makan aja sulit..” Dan berbagai kegilaan lain.. Hm.. kalo mentee gw beneran kayak gitu, bisa tambah kurus gw.. 😛

Jadi optimis nih! Pengen bikin mentoring yang asik n gak ngebosenin.. Sebenernya mentoring itu asik lho.. karena ngga cuma aspek rohani aja yang bisa berkembang.. tapi karena tujuan mentoring itu membentuk pribadi Islam yang syumul (menyeluruh), jadi aspek fikri (pemikiran), jasad (fisik), dan berbagai aspek lain juga diperhatikan dan dikembangkan. Tapi yah.. emang tergantung mentor juga.. Mentor memegang peranan yang sangat besar dalam mentoring. Karena dia yang memimpin dan mengarahkan jalannya mentoring..
Oke deh.. semoga bisa menjadi mentor yang asik dan baik tentunya.. tidak menyimpang dari jalan yang benar.. hehe..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s