nilai

Suatu hari, teman saya melihat nilai akhir dari suatu mata kuliah yang diikutinya. Nilai itu masih berupa angka, belum pake nilai A, B, dst.. Sebutlah nilainya X. Karena belum diketahui berapa batas minimal nilai yang bisa dapet A, dia pun berharap bisa dapet A.. “berapa ya A-nya… semoga gw dapet A.. biarin deh.. meskipun X adalah nilai minimal utk dapet A..”

Lalu saya yang mendengarnya pun berpikir.. “Yah.. gimana gw? Kalo batas A-nya adalah X, nanggung banget nih nilai gw.. Nilai gw X-1 nih.. 1 lagi dapet A dah gw..”
Lalu kalo kemudian gw berharap bahwa batas nilai A adalah X-1, bagaimana dengan teman2 gw yang nilainya X-2 atau bahkan X-0,1?
Tentu akan sedih kan.. (iya tah?)

Intinya.. seperti dalam cerita yang pernah gw baca tentang seorang anak kecil yang ikut lomba (anggaplah) balap karung.. Dia tidak berdo’a agar menang, tapi ia berdo’a agar tidak kecewa jika kalah.. Begitu juga dalam kehidupan kita.. dalam nilai ujian, kompetisi, perlombaan.. Entah kenapa gw merasa lebih enak kalo do’anya seperti anak kecil tadi. Bukan berdo’a minta kemenangan, tapi berdo’a supaya dapet yang terbaik dan nggak kecewa dengan apapun hasilnya, alias ikhlas…

4 thoughts on “nilai

  1. Sidicx says:

    Ning…

    kayaknya orang yang diceritain di situ gw ya,,,

    Hmmmm….alhamdulillah gw nggak kecewa kok….walaupun gw masang target tinggi banget, gw selalu sadar bahwa konsekuensinya pun tinggi juga…

    Maap yang kalo udah bikin kepikiran…hehe…

  2. miaw says:

    Ning, bagus banget….
    jadi lebih ikhlas nerima nilai gue..
    makasih udah nulis bagus kek gini…

  3. hening sept says:

    @ sidicx : iya, gw terinspirasi dari omongan lo.. wajar lah orang ngomong begitu.. tapi gw jadi kepikiran gimana efeknya buat orang lain yg denger omongan itu.. jadilah tulisan ini..hehe..

    @ miaw : alhamdulillah… yg penting ntar lebih baik mi! (buat gw jg nih..)

  4. upit says:

    hooh hooh, setuju bgt…
    Bukan berdo’a minta kemenangan, tapi berdo’a supaya dapet yang terbaik dan nggak kecewa dengan apapun hasilnya, alias ikhlas…
    dalem bgt tuh Ning…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s