Proaktif VS Reaktif

“sial! gara2 dia hari gw jadi kacau!”

Pernah denger orang ngomong gitu? Atau bahkan pernah ngomong gitu?
Menurut Steven Covey (bener gak ya nulisnya) dalam Seven Habits for Highly Effective Teen, omongan di atas itu adalah salah satu contoh sikap yang reaktif. Nih dia bahasa2 reaktif lainnya beserta arti di baliknya:

“aku emang gini kok”
–> bukan aku yang bertanggung jawab atas sikapku, aku tidak mungkin berubah, aku sudah ditakdirkan seperti ini

“kalo bosku tidak brengsek, pasti segalanya beda”
–> bosku yang menyebabkan semua masalahku, bukan aku

“terimakasih deh, kamu baru saja merusak hariku”
–> aku tidak dapat mengendalikan suasana hatiku sendiri, kamu yang mngendalikannya

“kalau saja aku punya bla..bla..bla..”
–> aku tidak dapat mengendalikan kebahagiaanku sendiri, keadaanlah yang mengendalikannya, aku harus mengalami keadaan tertentu baru bahagia

Nah, jadi apa sih sikap reaktif itu? Seperti namanya, reaktif berarti bersikap/bereaksi sesuai aksi yang mengenai dirinya (ini ngarang, kira2 aja). Misalnya, kalo ada orang yang ngomporin, maka otomatis dia akan tersulut dan jadi “panas”. Artinya dia tidak memegang kendali atas dirinya sendiri, malahan dikendalikan oleh keadaan di sekitarnya. Orang reaktif dengan mudahnya menyalahkan orang lain atas kebetean yang dialaminya. Mereka tidak bertanggungjawab terhadap dirinya sendiri dan senantiasa menjadi KORBAN.

Sebaliknya, proaktif berarti bersikap sesuai kehendak diri, tidak berdasarkan apa yang menimpanya (lagi2 ini ngarang). Orang proaktif memegang kendali penuh atas dirinya dan bertanggungjawab terhadap dirinya sendiri.

Dalam buku “Life is Beautiful” (sapa ya yang nulis.. lupa namanya) juga tersurat perbedaan antara orang reaktif dengan proaktif. Ketika ditimpa suatu peristiwa, orang reaktif langsung bereaksi berdasarkan peristiwa itu. Sedangkan orang reaktif masih memiliki ruang antara aksi dan reaksinya. Ruang itu ia gunakan untuk berpikir sebelum bereaksi, sampai akhirnya ia mengeluarkan sikap yang terbaik.

Begitulah.. kalo dipikir2 tentu lebih enak jadi orang proaktif. Apapun yang terjadi, bisa tetep hepi. Karena sesungguhnya kendali atas diri kita ini ada di tangan kita sendiri. Kita bebas milih mo gimana. Yang terpenting bukanlah apa yang terjadi pada kita, melainkan reaksi kita terhadap hal itu.

Hm.. masih belajar juga untuk menjadi proaktif!

Advertisements

5 thoughts on “Proaktif VS Reaktif

  1. insya Allah gw 80% proaktif.. kalo ada hal negatif dari orang, gw insya Allah ga terlalu terpengaruh.. tapi kalo ada hal-hal positif yang gw dapet dari orang, gw terpengaruh banget!

  2. Artikel yang baik sekali !

    Orang yang proaktif adalah orang yang mampu bertanggung jawab atas segala tindakan yang dia lakukan, karena apa yang dia lakukan berdasarkan kesadaran diri, imajinasi kreatif, hati nurani, dan kehendak bebas. Dirinya sendiri adalah sumber perubahan. Orang proaktif selalu berusaha tanpa menyerah untuk memperbesar lingakarn pengaruhnya. Dia bukanlah KORBAN dari lingkungannya. Ia selalu memegang nilai-nilai yang berdasarkan prinsip dan segala yang dia lakukan adalah hasil keputusannya.

    AYO MENJADI ORANG PROAKTIF
    DENGAN PROAKTIF KITA BISA SEMAKIN BERTANGGUNGJAWAB DAN MAMPU UNTUK PERIKIR MERUJUK PADA TUJUAN AKHIR, MENDAHULUKAN YANG UTAMA, BERPIKIR MENANG-MENANG, MAU MENGERTI SEBELUM DIMENGERTI, MEMBANGUN SINEGI DAN MEMILIKI WAKTU UNTUK MENGASAH GERGAJI !

    SALAM !
    Yan Ardhianto Handoyo
    image_crea@yahoo.co.id
    PT. Propan Raya ICC
    Jl. Buduran 100
    Sidoarjo
    Jawa Timur
    Indonesia

  3. sblm q bca ini
    tmen2q blang
    “ya inilah q & kkuranganq”
    tp klo q,
    “q mmang pnya kkurangan tp q bsa berbah”
    proaktifkah q?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s