Curhat Seorang Mahasiswa pada Layar Komputer di Depannya

~di sini ga ada rumput siy….
Menanggapi tulisan “Curhat Dosen pada Rumput di Pinggir Kolam”
(lokal Scele Alin B)

Dosen curhat.. mahasiswa pun ingin curhat…
Dulu sekali…
Saya senang belajar alin.. begitu juga dengan e-learningnya..
Baru kali ini saya diskusi online, kuliah lewat meebo. Baru kali ini saya semangat posting di forum di scele dan menjawab pertanyaan. Baru kali ini saya kuis dapet nilai 100.
Awal perjalanan alin ini seperti TCP (Transport Connection Protocol) : slow start. Mula2 1 MSS (alah..). Maksudnya, mula2 gampang.. ya SPL dan matriks gitu loh.. di SMA juga udah belajar. Dan di awal2 ini kayaknya perjalanannya lambat gitu. Masuk satu bab..terus dibiarin mengendap. Kerjain worksheet, chatting di meebo, jawab2 pertanyaan di forum. Baru masuk bab 2.. trus ada kuis, dan seterusnya. Bahasa kerennya, internalisasi pemelajaran.
Tapi.. setelah UTS.. entah kenapa jadi gak semangat. Emang sih kalo dari gw pribadi, emang agak males2an abis UTS ini.. Tapi, kalo gw perhatiin.. anak2 sekelas juga udah ga sebersemangat dulu lagi…
Dan lagi… kok kayaknya materinya ngebut jadinya… Padahal banyak konsep2 baru dan semuanya saling berkaitan. Gw ampe bingung.. banyak banget sih yang ekivalen.. Ada aja hubungan antara konsistensi SPL ama hasil kali ruang dalam lah, vektor dan nilai eigen lah, determinan lah.. dan lain-lain.. Dan itulah.. karena terburu2 itu.. jadinya belum sempat terinternalisasi.. udah ganti bab lagi.. Worksheetnya juga ga pernah dikumpulin lagi.. jadi kurang kekontrol.

Hm… gimana ya? Iya sih emang kayanya susah untuk merancang dan menjalankan kelas e-learning. Lebih susah lagi untuk menjaga konsistensi pelaksanaan metode2 belajar yang udah direncanakan. Dan butuh mahasiswa yang tangguh juga! Kagak males2an…

Hm… ini iseng doang kok.. curhat aja..
Yah.. sebenarnya sih gw berharap ada perancangan dan persiapan yang matang kalo mau ngadain kelas e-learning. Dan dosen atau siapapun yang terlibat di dalamnya harus komitmen ngejalanin metode2 itu.. Mana kata bu dewi ntar kuliah RPL(Rekayasa Perangkat Lunak–iya kan?) mau e-learning juga..

aih.. jadi ga jelas.. udah ah.. gw bingung jadinya..

:p

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s