Assalamu’alaikum… hening kembali menyapa dunia… hehehe..

waw… udah lama banget gak diupdate ni.. jauh dari dunia maya sih..=)
Liburan ini malah jarang banget nyentuh kompi… padahal tadinya pengen belajar banyak… taunya susah juga. 2 minggu awal sering ngampus tapi untuk acara2 yang ga berhubungan ama kompi. 2 minggu berikutnya jarang ngampus tapi tetep juga ngutak-atik kompi di rumah..
ah, sudahlah..
ada hal lain yang kupikirkan.. ceile..

Ada yang pernah denger ini gak.. Ibnul Qoyyim pernah bilang, bahwa setelah seseorang baligh, ia harusnya udah bisa menjawab 3 pertanyaan ini :
1. Akan jadi apa ia di usia 20, 40, dan 60 tahun
2. Ia ingin mati dalam kondisi seperti apa
3. Setelah mati, ia ingin orang-orang mengenangnya sebagai apa

Lalu… seorang almuni juga mengingatkan.. bahwa seharusnya kita menyiapkan diri dari sekarang untuk mengarungi hidup pascakampus.. jangan baru dipikirin setelah lulus.. hm.. bener juga.. Padahal selama ini gw gak terlalu mikirin rencana hidup ke depan.. Bikin perencanaan paling jauh ampe lulus doang.. Abis lulus… gimana nanti.. kalo ada kerjaan hayu.. atau kalo ada beasiswa S2 juga hayu wae..
Tapi.. ternyata rencana hidup tuh harus bener2 dibuat dari sekarang.. Kayak kata Ibnul Qoyyim, dari sampe 40an tahun ke depan! Masalah tercapai atau engga, itu urusan belakangan. Karena ya.. semua orang tau lah.. tiap orang ada takdirnya. Tapi bikin perencanaan bukan untuk ngelawan takdir. Itu hanya rencana..peta hidup.. agar kita tau mau mengarahkan hidup kemana. Supaya kita tau tujuan kita kemana. Supaya kita tau, untuk mencapai tujuan itu kita harus bagaimana, harus ngapain aja. Supaya kita tau, untuk pergi ke sana kita harus melangkahkan kaki kemana.
Mulanya agak takut sih bikinnya.. takut gak tercapai, takut gak disetujui ortu. Tapi ya.. buat aja lagi.. Bermimpilah.. dan ini hidup kita sendiri gitu… hehe..
So.. gw udah punya rencana hidup gw sekarang. Emang rada bombastis sih..=D tapi gpp..bercita2lah setinggi langit.. hehe..

Yah..punya rencana jangka panjang di dunia itu bagus… Tapi.. perjalanan menuju perwujudan rencana2 itu harus dimulai dari sekarang..
Mulai dari diri sendiri.. (hiks).. wah, isinya bakalan apologi nih.. soalnya kayaknya udah melakukan banyak kesalahan.. atau tidak melakukan banyak kebaikan.. banyak hal yang harus dikerjain, tapi gw gak bergerak cepat untuk ngerjain hal2 itu… waduh.. sori ya teman2..
Ya intinya.. sekarang perbaiki diri dulu.. hehe..

Sometimes it’s hard to ‘find’ yourself..
Tapi.. kita akan selalu menemukannya kala kita dekat dengan Rabb kita. Karna itulah hakikat diri kita sesungguhnya : hambaNya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s