coding is bliss?

bagi laverdy pramula–yang sudah submit tugas sda dan dapet 100 pada saat saya baru saja mau mulai mengerjakan–mungkin pernyataan itu berlaku setiap saat. Mungkin juga bagi ricky, charles, dan para asdos2 ddp, dpbo, sda, dan anak cucunya.
Tapi bagi saya..hal itu berlaku kalo lagi bisa doang.. Kalo coding lancar, hasil sesuai harapan..itu sangat menyenangkan. Tapi kalo engga…beuh..setresnya bukan main.. ngerasa bego, otak n logika ga nyampe, ga bakat, pesimis, dll mungkin sering banget saya rasain.

Omong2 soal gagal.. Saya udah submit tugas sda nih (diuploadnya ke web dosennya).. Tapi pas dicek dari sononya..ternyata kesepuluh testcase fail semua! astaghfirullah.. aya naon ieu.. udah semangat2 ngoding ampe beres semua requirementsnya.. tau2 fail. padahal kalo saya compile dan execute bisa jalan.. ya emang c masih banyak bugnya.. tapi seenggaknya utk 4 testcase pertama harusnya udah bener. Eh, taunya salah juga. Ternyata hanif juga mengalami nasib yang sama. Trus dia nanya ke dosennya. Ternyata kalo dia tu masalahnya di scannernya. Dia bikin instance dari class Scannernya di dalam while loop. Kalo input dimasukin dari keyboard ga masalah. Tapi bapaknya kan ngetesnya dengan input dari file. Nah kalo baca dari file gitu jadi masalah. Tapi saya udah bikin instance di luar while. Jadi harusnya ga ada masalah lagi. Ya sudahlah… udah pusing.. ntar aja diterusin. Eh, alhamdulillah sorenya dibantuin ama yud1 n botem. Dicoba pake input file. Akhirnya ketemu juga kenapa tu program ga bisa jalan. Ya ada suatu masalah lah pokoknya..kalo ga salah String index out of bounds exception. Trus dah dikasih exception handler ama botem.. alhamdulillah jalan… yey.. trus upload dan akhirnya dapetlah nilai 40… alhamdulillah.. tapi testcase berikutnya masih fail. Jadi programnya gw utak atik lagi. Dah ketemu salahnya dimana. Trus gw benerin. Upload lagi.. dan hasilnya…. yaaah.. fail lagi sodara2.. bahkan 4 testace yang tadi bener jadi fail lagi…
Tapi gw ga terlalu shock gitu.. Ada untungnya juga setelah cape2 ngoding ampe beres trus pas pertama kali disubmit ternyata totally failed. Jadi udah siap untuk kemungkinan terburuk. udah jatoh dari awal, jadi kalo ntar jatoh gak shock lagi..hehehe…

Yah.. itu mah bagian dari pasang surutnya karir ngoding aja kali.. Ada tahapannya, gitu. Dulu juga gw shock pas awal2 dapet ddp. Nggak ngerti2, nggak bisa ngoding, ngerasa bego. Tadinya udah males aja tuh..mikirnya ah biarin aja gw ga bisa ngoding. Toh ilmu komputer gak sebatas ngoding. Eh terus ada kakak kelas yang bilang bahwa coding di fasilkom itu bukan pilihan. jadi harus bisa gitu.. Eh, alhamdulillah lama2 makin ngerti dan malah jadi suka ngoding. Tapi ya jeleknya gitu deh.. coding cuma pas ada tugas aja. Ampe kemaren pas baru mulai coding aja pake lupa segala gimana cara baca line pake scanner, ampe lupa gimana cara deklarasi dan inisialisasi array.
Jadi ya.. semua ada tahapannya.. Terutama buat anak2 2006 ni… WAJAR kalo lu ngerasa bego, kaget, ga ngerti, ga bisa, ga bakat. Dulu juga gw ga ngerti.. gw bengong waktu dikasi tugas 2 yang disuruh bikin converter hexadesimal to desimal. Blank banget ga ngerti apa2. Tapi sekarang gw udah bisa tuh kalo dikasi soal kaya gitu. (Tapi kalo soalnya kaya tugas terakhir ddp dan dpbo…mmm..mikir2 lagi deh=9 rekursif boo…ga tahan…). Intinya sih.. kita nggak akan bego selamanya. Kalo sekarang nggak ngerti, masih ada kesempatan lhoo… dan kesempatan itu bukan cuma ampe saat kita lulus..tapi ampe sebelom kita mati. kapaan aja masih bisa belajar kan.. Kebetulan gw juga baru denger cerita ttg seorang alumni fasilkom. (ini kisah nyata lho) Dia ga suka banget coding. Ampe2 waktu udah lulus dia menghindari banget kerjaan yang berhubungan ama coding. Akhirnya jadi dosen. Tapi lama2 dia mulai belajar coding lagi..n akhirnya bisa! Malah jadi trainer segala. Sekarang beliau sudah sukses nampaknya..

So.. utk bisa ngoding emang ga instan. gw pernah baca tulisan berjudul “Teach yourself Programming in Ten Years”. Yap, utk jadi seorang yang expert dalam programming, ga bisa dalam waktu seminggu kaya yang dijanjikan lewat buku2 belajar cepat programming. Banyak coding, (mungkin) banyak gagal, banyak juga berhasilnya, disitulah proses belajarnya. Gagal adalah bagian dari proses pembelajaran. inget bang thomas alfa edison kan? gagalnya ribuan kali tuu…. (tapi sda kan cuma boleh submit 20 kali..hehe–nggak masalah lah)

Gw juga bukan orang yang jago2 banget ngoding. pas2an lah, sekedar bisa. Bukan bermaksud utk sotoy lho teman2.. hanya ingin menyemangati… terutama utk angkatan 2006! hayu.. jalan masih panjang.. di atas langit masih ada langit. setelah ddp masih ada dpbo, sda, ppl, dan anak cucunya.. hehe.. sangat menantang bukan? (ini berlaku buat gw juga nih..)

So… (ini buat temen2 fasilkom) semoga kita masih tetep semangat belajar disini yaa.. (diiringi do’a semoga aku juga bisa lebih suka, lebih ngerti, lebih bisa mata kuliah yang lainnya, esp. kalkulus 2 =D yuuk..–> setelah kalkulus 2 masih ada alin, anum, apalagi?=) keun we lah.. smangat!)

Bagi yang bingung, mungkin karna anda bukan fasilkomers :
glossary
coding : programming, memberikan perintah2 pada komputer biar dia melakukan tugas yang kita inginkan itu
ddp : dasar2 pemrograman-smt 1
sda : struktur data dan algoritma-smt 3
dpbo : desain dan pemrograman berorientasi objek-smt 2
compie : ngubah dari bahasa pemrograman ke bahasa mesin
execute : jalanin programnya deh..
aduh… harusnya banyak banget bo glossarynya. tapi..cape deh..hehe.. ntar tanya aja ya atau tebak2 sendiri..hehe

Advertisements

6 thoughts on “coding is bliss?

  1. Shanti says:

    gatau kenapa dan entah gimana.. gw seneng baca tulisan lu yg ini.

    satu, karena byk istilah yg gw ga ngerti trs lu kctau >> nambah ilmu dan gw seneng aja kalo ada anak suatu fakultas/jurusan mulai ngom pke bahasa ilmunya.

    dua, kerasa hawa FIGHTnya. sejak pas ngobrol itu udah kerasa. gw suka banget Ning ketika elu jatuh tapi bs bangkit lagi. ketika elu sempet ragu sama diri sendiri tapi kemudian berjuang dan jadi BISA. gw suka banget, sejak dulu..

    tiga, seneng aja baca lucu2nya elu.. hehe,, gw kn dgn jahatnya sk mikir elu jadi serius bgt orangny.. heuheu,, maab yah =D

    *lah,, tadi katanya gatau? qo mlh byk gt alesanny?! dsr Ne!*
    uhibbuki fillah..

  2. Muhammad Ilman Akbar says:

    assalamu’alaikum..
    hehehe, lucu banget ning, hening menggunakan istilah ‘karir ngoding’..

    besok2 gw nggak mau lagi ah, mendalami ‘karir ngoding’ cara instan: baca soal -> duduk di depan komputer -> ngoding..

    seharusnya gini kan? (mengambil pendapatnya ricky di forum ranau/sda)
    baca soal -> analisa segala masalah -> bikin algoritma pemecahannya di atas kertas -> cari bug2 -> ngoding

  3. yud1 says:

    jadi pengen ikutan…

    dulu itu pas jaman2 coding DDP/SDA/PL/SC, gw juga nggak kayak yang Ilman bilang. maksudnya, gak langsung duduk-dan-coding.

    biasanya sih gw tidur2an, minum kopi, atau apalah sambil mikir. kalau udah ketemu caranya, mulai elaborate solusi2 yang ada di kepala, kira2 feasible gak? ada bug-nya gak? ada bolong-nya gak? kalau ada flaw (kesalahan besar, atau algo-nya ada bolongnya), batal. cari cara lain.

    dan biasanya, kalau gw udah 85+% yakin bahwa solusi ini mungkin masuk akal, baru deh gw coding. salah? bikin aja lagi…

  4. N P ayudha says:

    Klo Block Code, Manchester Code, RZ/NRZ, Reed Solomon,dll tu masuk ke pengkodean. Orang2 bilang ni coding jg…
    jadi, arti coding tu pemrograman atau pengkodean ya dlm padanan kata bahasa Indonesia-nya ???

    Bingung nih, kan saya bukan anak fasilkom, mbak hening. masih newbie.

  5. heningsept says:

    gw ga ngerti yang lu sebutin itu (block code, dll).yang gw tau coding = programming

    gw anak fasilkom, tapi ga jago 😛

  6. akatsuci says:

    wew… bahasa apa… ini,
    seperti bahasa dewa, hehehe,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s